PENGEMBANGAN TES LITERASI SAINS MATERI STRUKTUR BUMI DAN DINAMIKANYA KELAS VII
Eza Nisrina Qotrun Nada, 4001416043 (2021) PENGEMBANGAN TES LITERASI SAINS MATERI STRUKTUR BUMI DAN DINAMIKANYA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Laporan hasil PISA terbaru, skor membaca Indonesia ada di peringkat 72 dari 77 negara, skor matematika ada di peringkat 72 dari 78 negara, dan skor sains ada di peringkat 70 dari 78 negara. Tiga skor itu tersebut menurun dari tahun 2015 yaitu skor membaca Indonesia ada di peringkat 65, skor sains peringkat 64, dan skor matematika peringkat 66. Berbagai upaya dan cara telah dilakukan dalam meningkatkan literasi sains. Upaya tersebut harus diimbangi dengan penilaian yang sesuai dengan literasi sains. Hasil pengamatan yang dilakukan di MTs Al Asror Semarang penilaian yang dilakukan menggunakan lembar evaluasi hanya digunakan untuk mengetahui pengetahuan dasar yang dimiliki siswa belum menekankan pada literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes literasi sains pada salah satu materi kelas VII. Metode penelitian ini mengadopsi desain pengembangan 4D dari Thiagarajan yang yang meliputi langkah Define, Design, Develop, dan Deseminate. Namun, tahapan Desseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu penelitian. Tahap uji coba soal dilakukan sebanyak 2 kali, uji coba pertama dengan 10 siswa untuk mengetahui keterbacaan soal, waktu yang digunakan untuk mengerjakan. Pada uji coba kedua dengan 40 siswa untuk mengukur reliabilitas, kriteria butir soal, indeks pegecoh dan profil literasi sains siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah 25 soal tes literasi sains materi struktur bumi dan dinamikanya dengan 4 pilihan jawaban. Hasil validitas dan reliabilitas soal sebesar 0,91 dan 0,63. Taraf kesukaran menunjukkan 4 soal dalam kategori mudah, 14 soal dalam kategori sedang dan 7 soal dalam kategori sukar. Daya pembeda butir soal menunjukkan 9 soal tidak dipakai karena memiliki daya pembeda yang rendah. Indeks pengecoh soal menunjukkan ada beberapa soal yang memiki indeks pengecoh yang sangat jelek dan perlu perbaikan. Hasil rata-rata literasi sains adalah 40,77% pada aspek pengetahuan, 43,73% untuk aspek kompetensi dan 43, 84% untuk aspek konteks. Hasil analisis profil literasi sains materi struk bumi dan dinamikanya pada setiap siswa menunjukkan 72% siswa masuk dalam kategori sangat rendah, 18% siswa masuk dalam kategori rendah dan 10% masuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Tes, Literasi Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 03:08 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 03:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52588 |
Actions (login required)
View Item |