ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DALAM BUKU PENUNJANG TEMATIK TERPADU KELAS V SD/MI TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA
Meita Windayanti, 1401417314 (2021) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DALAM BUKU PENUNJANG TEMATIK TERPADU KELAS V SD/MI TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil wawancara dengan guru kelas V SD Dabin IV Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, menunjukkan bahwa terdapat 10 SD yang menggunakan instrumen autentik yang ada pada Buku Tematik Terpadu Tema Panas dan Perpindahannya. Kualitas yang dimiliki instrumen tersebut belum diketahui, sebab guru belum menganalisis terhadap instrumen tersebut. Penelitian ini bertujuan menentukan kualitas penilaian autentik pada Buku Tematik Terpadu Tema 6 Panas dan Perpindahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah instrumen penilaian autentik yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kelas V SD/MI Tema Panas dan Perpindahannya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis instumen ranah kognitif dilakukan dengan cara menyesuaikan aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta distribusi jenjang ranah kognitif taksonomi Bloom. Analisis instrumen ranah afektif dilakukan dengan cara menyesuaikan kriteria penulisan instrumen serta distribusi jenjang ranah afektif taksonomi Bloom. Sedangkan analisis instrumen ranah psikomotor dilakukan dengan cara menyesuaikan kriteria penulisan instrumen serta distribusi jenjang psikomotor taksonomi Dave. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas instrumen penilaian ranah kognitif ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa memiliki validitas isi berkategori tinggi, serta distribusi jenjang ranah kognitif taksonomi Bloom tidak merata; (2) Kualitas instrumen penilaian ranah afektif ditinjau dari kesesuaian format dan kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi berkategori sangat rendah, serta distribusi jenjang ranah afektif taksonomi Bloom tidak merata; (3) Kualitas instrumen penilaian ranah psikomotor ditinjau dari kesesuaian format dan kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi berkategori sangat rendah, serta distribusi jenjang ranah psikomotor taksonomi Dave tidak merata. Simpulan penelitian ini yaitu instrumen penilaian autentik dalam Buku Tematik Terpadu Kelas V SD/MI Tema Panas dan Perpindahannya memiliki kualitas yang kurang baik. Disarankan bagi guru, hendaknya menganalisis instrumen terlebih dahulu sebelum menggunakannya atau guru dapat menyusun sendiri instrumen penilaian yang sesuai dengan panduan penulisan butir soal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis instrumen, penilaian autentik. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 02:59 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 02:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52587 |
Actions (login required)
View Item |