EVALUASI PROGRAM KONSELING MENYUSUI DI PUSKESMAS KLIKIRAN KABUPATEN BREBES


Mardiana, - EVALUASI PROGRAM KONSELING MENYUSUI DI PUSKESMAS KLIKIRAN KABUPATEN BREBES. HIGEIA : Journal Of Public Health Research and Development.

[thumbnail of 14. Evaluasi Program Konseling Menyusui di Puskesmas Klikiran Kabupaten Brebes - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (268kB)

Abstract

Cakupan ASI Eksklusif Puskesmas Klikiran pada tahun 2013 dan 2014 masing-masing yaitu 65.12% dan 32.56%. Berdasarkan data tersebut, terlihat bahwa cakupan ASI eksklusif di Puskesmas Klikiran Kabupaten Brebes mengalami penurunan. Oleh karena itu, program konseling menyusui perlu dievaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program konseling menyusui di Puskesmas Klikiran Kabupaten Brebes berdasarkan bentuk kegiatan, faktor pendukung dan penghambat program. Metode penelitian yaitu kualitatif dengan teknik purposive sampling. Informan berjumlah 11 orang yang terdiri dari petugas gizi puskesmas, kepala sie gizi masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, konselor menyusui, motivator menyusui dan klien menyusui. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan program konseling telah berjalan baik yaitu adanya konseling individu dan kelompok. Faktor pendukung program yaitu keaktifan dan sikap pemberian konseling oleh konselor, partisipasi dan sikap klien serta kerjasama lintas program. Faktor penghambat yaitu penyampaian informasi yang kurang tepat, pemanfaatan sarana dan prasarana belum optimal dan faktor lingkungan klien.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Evaluation Program, Counseling, Counseling breastfeeding
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:30
Last Modified: 03 Nov 2022 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52584

Actions (login required)

View Item View Item