IMPLEMENTASI KEBIJAKAN YODISASI TERHADAP MUTU GARAM PADA INDUSTRI GARAM SKALA KECIL DI KABUPATEN REMBANG


Mardiana, - IMPLEMENTASI KEBIJAKAN YODISASI TERHADAP MUTU GARAM PADA INDUSTRI GARAM SKALA KECIL DI KABUPATEN REMBANG. Unnes Journal of Public Health.

[thumbnail of 9. Implementasi Kebijakan Yodisasi Terhadap Mutu Garam Pada Industri Garam Skala Kecil Di Kabupaten Rembang - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu garam yang di produksi oleh produsen garam serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan tentang yodisasi dan pengadaan garam beryodium di Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (indept interview) dengan para informan awal yang di tentukan dengan teknik purposive sampling yaitu dari Kepala Seksi Usaha Industri Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Rembang, Kepala Bidang Pemerintahan, sosial dan Budaya Bappeda Kabupaten Rembang, Pemilik Perusahaan Garam, dan Petani garam dengan jumlah informan seluruhnya 6 orang. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan alat bantu panduan wawancara dan pengumpulan data melalui wawancara, dokumemntasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah Implementasi kebijakan tentang yodisasi dan pengadaan garam beryodium di Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang belum berjalan maksimal. Faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan tentang yodisasi dan pengadaan garam beryodioum antara lain, komunikasi yang belum berjalan optimal, kurangnya informasi dari petugas mengenai isi kebijakan, perbedaan persepsi antara petugas dan produsen serta tidak tegasnya pengawasan terhadap pelanggaran yang terjadi. Saran yang peneliti rekomendasikan adalah sosialisasi merk dagang garam yang terjamin kualitasnya dan meningkatkan bantuan alat yodisasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementation of policy; Iodization; iodized salt
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:21
Last Modified: 03 Nov 2022 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52579

Actions (login required)

View Item View Item