PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN 1 BANJAREJO KABUPATEN KEBUMEN


Mutamimatun Kamala, 1401417308 (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN 1 BANJAREJO KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417308 - Mutamimatun Kamala v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data hasil pra penelitian di kelas V SDN 1 Banjarejo Kabupaten Kebumen melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil belajar, ditemukan permasalahan bahwa pada proses pembelajaran IPA penggunaan media pembelajaran berbasis IT minim, media yang digunakan terbatas pada buku tematik serta buku referensi sehingga membuat siswa kurang tertarik dan aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar IPA yang masih rendah. Sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran yang lebih menarik, inovatif serta membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran yaitu video pembelajaran berbasis project based learning pada muatan pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan serta keefektifan video pembelajaran berbasis project based learning materi siklus air. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan beberapa tahapan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk kelompok kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video pembelajaran memenuhi karakteristik model project based learning yang memiliki unsur-unsur yaitu penentuan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, memonitoring peserta, menguji hasil, evaluasi pengalaman; (2) video pembelajaran berbasis project based learning layak digunakan sebagai media pembelajaran, berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 97% dengan kategori sangat layak, hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 86% dengan kategori sangat layak, tanggapan siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 87% dengan kategori sangat baik, dan tanggapan guru diperoleh rata-rata persentase sebesar 90% dengan kategori sangat baik; (3) video pembelajaran berbasis project based learning efektif meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil uji t dengan thitung (2,91) > ttabel (2,57) maka Ho ditolak, serta hasil uji N-gain sebesar 0,873 dengan kriteria tinggi. Simpulan penelitian ini adalah video pembelajaran berbasis project based learning, layak serta efektif digunakan dalam pembelajaran IPA materi siklus air. Saran pada penelitian ini yaitu guru sebaiknya mengoptimalkan serta mengembangkan media pembelajaran yang lebih bervariatif dan menarik baik pada muatan pelajaran IPA maupun muatan pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA, video pembelajaran, project based learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:07
Last Modified: 03 Nov 2022 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52576

Actions (login required)

View Item View Item