PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC BERBASIS KEARIFAN LOKAL KALIWUNGU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 3 PROTOMULYO KABUPATEN KENDAL


Diena Hikmawati, 1401417305 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC BERBASIS KEARIFAN LOKAL KALIWUNGU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 3 PROTOMULYO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417305 - Diena Hikmawati v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data prapenelitian di SDN 3 Protomulyo Kabupaten Kendal ditemukan permasalahan berupa keterbatasan media khususnya dalam mengoptimalkan teknologi. Media yang sudah ada berupa media gambar-gambar dan peta. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media e-comic berbasis kearifan lokal Kaliwungu pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 3 Protomulyo Kabupaten Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran e-comic berbasis kearifan lokal Kaliwungu pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 3 Protomulyo Kabupaten Kendal. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Subjek penelitian meliputi subjek uji coba skala kecil berjumlah 9 siswa dan uji pemakaian skala besar berjumlah 27 siswa kelas IV SDN 3 Protomulyo Kabupaten Kendal. Penelitian dilakukan pada bulan Maret-Mei 2021. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (media e-comic berbasis kearifan lokal) dan variabel terikat (hasil belajar siswa muatan IPS). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (pretest dan posttest) dan non tes (wawancara, observasi, dokumen). Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) media e-comic berbasis kearifan lokal Kaliwungu berbentuk PDF yang memuat cover, petunjuk penggunaan, KD, indikator, tujuan pembelajaran, urutan bacaan, pengenalan karakter, percakapan serta sumber. (2) media e-comic berbasis kearifan lokal Kaliwungu sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 100%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 95% dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 87,5%. (3) media e-comic berbasis kearifan lokal Kaliwungu efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV berdasarkan uji t memperoleh sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil data pretest dan posttest dan uji peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,502 dengan kriteria sedang Simpulan penelitian ini adalah media e-comic berbasis kearifan lokal Kaliwungu yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi sumber daya alam dan hubungannya. Saran peneliti selanjutnya dapat dikembangkan pada mata pelajaran atau materi lainnya dengan memperbaiki tampilan desain agar lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media E-comic, Kearifan Lokal, IPS, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:03
Last Modified: 03 Nov 2022 02:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52574

Actions (login required)

View Item View Item