ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA LKS KELAS VI SD/MI TEMA 6 “MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA” PENERBIT VIVA PAKARINDO


Grehas Wilantanti, 1401417304 (2021) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA LKS KELAS VI SD/MI TEMA 6 “MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA” PENERBIT VIVA PAKARINDO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417304 - Grehas Wilantanti v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas VI SD Gugus Pattimura Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, menunjukkan bahwa terdapat 5 SD yang menggunakan instrumen penilaian autentik yang terdapat dalam LKS Kelas VI tema 6. Instrumen tersebut belum diketahui kualitasnya, dan guru belum pernah melakukan analisis instrumen yang terdapat pada LKS tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kualitas instrumen penilaian autentik dalam LKS Kelas VI tema 6 tentang Menuju Masyarakat Sejahtera. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian autentik yang terdapat pada LKS Kelas VI tema 6 tentang Menuju Masyarakat Sejahtera. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi terstruktur, wawancara dengan guru Kelas VI, dan dokumentasi yaitu buku penunjang yang banyak digunakan di beberapa sekolah dasar di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang berupa LKS kelas VI tema 6 tentang Menuju Masyarakat Sejahtera. Aspek yang perlu diperhatikan dalam analisis instrumen secara kualitatif pada ranah kognitif yaitu, aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta jenjang ranah kognitifnya, sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor berupa kesesuaian format dan kriteria penulisan/penyusunan instrumen menurut Kunandar serta distribusi jenjang ranah afektif dan psikomotor. Teknik analisis data menggunakan teknik panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas instrumen ranah kognitif ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa, soal bentuk pilihan ganda dan uraian memiliki validitas isi berkategori tinggi, sedangkan soal bentuk jawab singkat memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi, serta distribusi jenjang ranah kognitif tidak merata. (2) Kualitas instrumen penilaian ranah afektif, ditinjau dari kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi, serta distribusi jenjang ranah afektif bentuk penilaian diri pada buku tersebut tidak merata. (3) Kualitas instrumen penilaian ranah psikomotor, instrumen bentuk kinerja dan proyek ditinjau dari kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi berkategori sangat rendah. Distribusi jenjang ranah psikomotor taksonomi versi Dave pada penilaian psikomotor bentuk kinerja, produk, dan proyek tidak merata. Simpulan penelitian ini bahwa instrumen penilaian autentik dalam LKS kelas VI tema 6 tentang Menuju Masyarakat Sejahtera pada ranah kognitif dan afektif memiliki kualitas yang baik, sedangkan pada ranah psikomotor memiliki kualitas yang kurang baik. Saran dari penulis hendaknya guru menganalisis instrumen penilaian autentik yang terdapat pada LKS; serta bagi pihak sekolah untuk lebih teliti dalam menentukan buku pendamping yang digunakan; dan bagi penulis untuk lebih memerhatikan kualitas instrumen penilaian autentik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis instrumen, lembar kerja siswa, penilaian autentik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 01:59
Last Modified: 03 Nov 2022 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52571

Actions (login required)

View Item View Item