PEMANFAATAN LIMBAH GYPSUM BOARD DAN FLY ASH UNTUK BATAKO DITINJAU DARI KUAT TEKAN DAN DAYA SERAP AIR


Muhammad Vian Saefullah, 5111417015 (2021) PEMANFAATAN LIMBAH GYPSUM BOARD DAN FLY ASH UNTUK BATAKO DITINJAU DARI KUAT TEKAN DAN DAYA SERAP AIR. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PEMANFAATAN LIMBAH GYPSUM BOARD DAN FLY ASH UNTUK BATAKO DITINJAU DARI KUAT TEKAN DAN DAYA SERAP AIR] PDF (PEMANFAATAN LIMBAH GYPSUM BOARD DAN FLY ASH UNTUK BATAKO DITINJAU DARI KUAT TEKAN DAN DAYA SERAP AIR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan limbah gypsum board dan fly sebagai bahan alternatif dalam pembuatan batako merupakan salah satu upaya guna mendukung konsep green material dalam bidang kontruksi. Penggunaan limbah gypsum board dan fly ash tak lepas dari jumlahnya relatif banyak serta berpotensi mencemari lingkungan lingkungan. sifat pozzolan yang terkandung dalam fly ash yang dikombinasikan dengan limbah gypsum board diharapkan mampu meningkatkan mutu batako. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kuat tekan, daya serap air serta pengaruh limbah gypsum board dan fly ash terhadap batako. metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimenatl dimana variasi komposisi limbah gypsum board dan fly ash masing-masing sebesar 0% dan 0% , 5% dan 25%, 7,5% dan 27,5%, serta 10% dan 30% dari berat semen dengan menggunakan sampel ukuran 37 x 10 x 15 cm. penelitian ini dilakukan di Laboratorium Struktur dan Bahan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa uji kuat tekan dan daya serap air batako limbah gypsum board dan fly ash telah memenuhi syarat mutu sesuai SNI 03-0349-1989 pada mutu II dengan nilai kuat tekan minimum sebesar 70 kg/cm2 dan mutu III sebesar 40 kg/cm2, pada setiap komposisi rata-rata sebesar 42,37 kg/cm2 dengan mutu III, 73,04 kg/cm2 dengan mutu II, 49,30 kg/cm2 dengan mutu III, dan 43,59 kg/cm2 dengan mutu III. Sementara untuk pengujian daya serap air seluruh komposisi batako memiliki nilai dibawah 25% sehingga termasuk dalam mutu I dengan nilai pada setiap komposisi masing-masing sebesar 7,78%, 5,34%, 6,92% dan 7,94% . Dari hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan limbah gypsum board dan fly ash memiliki pengaruh terhadap kua tekan dan daya serap air pada variasi tertentu dan layak digunakan sebagai bahan alternatif campuran batako.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: batako, gypsum board, fly ash, kuat tekan, daya serap air
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 Nov 2022 01:48
Last Modified: 03 Nov 2022 01:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52569

Actions (login required)

View Item View Item