PEMODELAN DAMPAK INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO


Mohammad Itmamul Wafa, 5111417014 (2021) PEMODELAN DAMPAK INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PEMODELAN DAMPAK INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO] PDF (PEMODELAN DAMPAK INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan Gross Domestic Product (GDP) Per Capita antara negara-negara anggota ASEAN yang membuat pertumbuhan ekonomi negara-negara anggota ASEAN tidak merata. Pertumbuhan ekonomi yang menunjang meningkatnya GDP tidak lepas dari perkembangan infrastruktur sebuah negara, khususnya infrastruktur transportasi yang menghubungkan antara produk dan jasa yang dihasilkan sebuah negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat model hubungan antara Gross Domestic Product (GDP) dengan infrastruktur transportasi di negara-negara anggota ASEAN. Selain itu penelitian ini juga membandingkan data hasil prediksi model dengan data aktual di Negara Indonesia. Infrastruktur transportasi yang menjadi variabel penelitian ini meliputi transportasi udara, transportasi laut, dan transportasi darat (jalur kereta api). Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif statistik, dan analisis regresi multivariat. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari World Bank (World Development Indicator) tahun 1960-2019. Data tersebut diambil dari situs World Bank dengan total 1.600 indikator yang menjelaskan hampir 220 perkembangan ekonomi negara dunia lebih dari 50 tahun. Dari semua data, penelitian ini hanya menggunakan data dari negara-negara anggora ASEAN dengan 9 indikator. Hasil penelitian ini menghasilkan model regresi multivariat Y = 6,478 – 7,871(X2) + 4,875(X4) – 2,390(X5) – 2,27(X7) + 5,569(X8). Model ini menghasilkan nilai p-value sebesar 2,619E-13 < 0,05 yang artinya model ini berpengaruh dengan signifikasi sebesar 2,619E-13 serta menghasilkan R2 sebesar 0,95 yang artinya variabel X2 Air transport, passengers carried, X4 Quality of port infrastructure, X5 Container port traffic, X7 Rail lines, X8 Railways, passengers carried berpengaruh terhadap Gross Domestic Product (GDP) per kapita sebesar 95% dan 5% yang lainnya dipengaruhi faktor lain. Akurasi model regresi multivariat ini dalam memprediksi data aktual untuk kasus GDP di negara Indonesia adalah sebesar 120,84% artinya model ini kurang dapat digunakan dalam memprediksi data aktual pada kasus GDP di negara Indonesia. Dengan kondisi infrastruktur transportasi yang ada, mestinya GDP Indonesia bisa lebih besar daripada yang ada sekarang jika diprediksi menggunakan model ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Regresi Multivariat, Transportasi, World Bank, GDP, ASEAN v
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 Nov 2022 01:41
Last Modified: 03 Nov 2022 01:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52568

Actions (login required)

View Item View Item