PEMODELAN RISIKO KECELAKAAN BERBASIS KONDISI KENDARAAN DAN PENGEMUDI YANG TERJADI DI JALAN NEGARA BAGIAN QUEENSLAND AUSTRALIA


ALI PUTRA, 5111417012 (2021) PEMODELAN RISIKO KECELAKAAN BERBASIS KONDISI KENDARAAN DAN PENGEMUDI YANG TERJADI DI JALAN NEGARA BAGIAN QUEENSLAND AUSTRALIA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PEMODELAN RISIKO KECELAKAAN BERBASIS KONDISI KENDARAAN DAN PENGEMUDI YANG TERJADI DI JALAN NEGARA BAGIAN QUEENSLAND AUSTRALIA] PDF (PEMODELAN RISIKO KECELAKAAN BERBASIS KONDISI KENDARAAN DAN PENGEMUDI YANG TERJADI DI JALAN NEGARA BAGIAN QUEENSLAND AUSTRALIA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas sangat rentan terjadi terutama yang disebabkan oleh kecepatan kendaraan, kerusakan kendaraan, pengaruh alkohol, dan kelelahan. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan risiko kecelakaan berbasis kendaraan dan pengemudi yang terjadi di Queensland, Australia. Data dalam penelitian ini menggunakan dataset faktor kecelakan di jalan negara bagian Queensland yang berjumlah 3412 kecelakaan bersumber dari website pemerintah negara bagian Queensland, Australia yaitu Www.Quuensland.Government.Au. Periode data penelitian dari tahun 2001-2019. Metode penelitian ini menggunakan analisis pemodelan regresi logistik multinomial. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa model yaitu; (1) Peluang log dalam tingkat resiko kematian vs rawat inap akan meningkat sebesar 1.028 jika dipengaruhi kerusakan kendaraan, meningkat sebesar 0.731 jika dipengaruhi kelelahan, meningkat sebesar 0.158 jika dipengaruhi kecepatan kendaraan, meningkat sebesar 0.151 jika dipengaruhi pengaruh alkohol. (2) Peluang log dalam tingkat resiko kematian vs perawatan medis akan meningkat sebesar 0.786 jika dipengaruhi kerusakan kendaraan, meningkat sebesar 0.375 jika dipengaruhi kelelahan, menurun sebesar 0.003 jika dipengaruhi kecepatan kendaraan, menurun sebesar 0.078 jika dipengaruhi pengaruh alkohol. (3) Peluang log dalam tingkat resiko kematian vs cedera ringan akan meningkat sebesar 0.484 jika dipengaruhi kerusakan kendaraan, meningkat sebesar 0.245 jika dipengaruhi kelelahan, menurun sebesar 0.156 jika dipengaruhi kecepatan kendaraan, menurun sebesar 0.266 jika dipengaruhi pengaruh alkohol. (4) Peluang log dalam tingkat resiko kematian vs kerusakan properti akan meningkat sebesar 1.254 jika dipengaruhi kerusakan kendaraan, meningkat sebesar 0.828 jika dipengaruhi kelelahan, meningkat sebesar 0.185 jika dipengaruhi kecepatan kendaraan, meningkat sebesar 0.128 jika dipengaruhi pengaruh alkohol. Nilai uji validasi dengan metode crosstab menjelaskan bahwa hasil akurasi model level 1 memiliki nilai ketepatan 0,99 dan ketidaktepatan 0,01 kemudian hasil level 2 sampai dengan level 5 memiliki nilai ketepatan 1.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan lalu lintas, regresi logistik multinomial, risiko kecelakaan, dan faktor kecelakaan.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 Nov 2022 01:16
Last Modified: 03 Nov 2022 01:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52566

Actions (login required)

View Item View Item