PENGARUH HEDONIC SHOPPING TENDENCY, WEBSITE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOUR DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES Tahun Angkatan 2018)


Noor Amalia Khusnia, 7101417014 (2021) PENGARUH HEDONIC SHOPPING TENDENCY, WEBSITE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOUR DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES Tahun Angkatan 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH HEDONIC SHOPPING TENDENCY, WEBSITE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOUR DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES Tahun Angkatan 2018)] PDF (PENGARUH HEDONIC SHOPPING TENDENCY, WEBSITE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOUR DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES Tahun Angkatan 2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berbelanja merupakan aktivitas yang dilakukan oleh setiap orang dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhannya. Munculnya wabah Corona Virus Disaese (Covid-19) yang menyerang kesehatan manusia sehingga diberlakukannya himbauan untuk melakukan segala aktivitas dari rumah. Sehingga terjadi peningkatan berbelanja secara online secara signifikan. Kemudahan dan keuntungan yang didapatkan selama berbelanja online, serta sikap dan emosi yang sulit dikendalikan yang menjerumuskan individu bersikap berlebihan dalam berbelanja. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh hedonic shopping tendency, website quality dan sales promotion terhadap impulse buying behaviour dengan shopping emotion sebagai variabel intervening. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan desain penelitian menggunakan metode survey dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data penelitian. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi tahun angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 289 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa impulse buying behaviour dan sales promotion berada pada kategori cukup tinggi. Sedangkan hedonic shopping tendency, website quality dan shopping emotion berada pada kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hedonic shopping tendency, Sales promotion dan shopping emotion berpengaruh positif terhadap impulse buying behaviour. Website quality tidak berpengaruh positif terhadap impulse buying behaviour. Hedonic shopping tendency, website quality dan sales promotion berpengaruh positif terhadap shopping emotion. Dan hedonic shopping tendency, website quality dan sales promotion berpengaruh positif terhadap impulse buying behaviour melalui shopping emotion. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perilaku pembelian impulsif mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES 2018 cukup tinggi yang diakibatkan oleh faktor hedonic shopping tendency, sales promotion dan shopping emotion. Peneliti menyarankan agar mahasiswa dapat membuat skala prioritas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : hedonic shopping tendency; website quality; sales promotion; impulse buying behaviour; shopping emotion
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:20
Last Modified: 03 Nov 2022 03:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52565

Actions (login required)

View Item View Item