HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS TEUKU UMAR KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG


ELMA RESTYANA, 1401417303 (2021) HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS TEUKU UMAR KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417303 - Elma Restyana v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Kesiapan dan kedisiplinan menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji hubungan: (1) kesiapan belajar dengan hasil belajar; (2) kedisiplinan belajar dengan hasil belajar; (3) kesiapan belajar dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Teuku Umar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian yang korelasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2021. Populasi penelitian berjumlah 155 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling menggunakan pedoman Isaac dan Michael didapatkan 111 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat yang di gunakan yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, serta uji hipotesis uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, uji regresi linier sederhana dan uji regresi ganda. Hasil analisis data didapatkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar IPS nilai rhitung sebesar 0,616 berkontribusi sebesar 37,9%; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS nilai rhitung 0,635 berkontribusi sebesar 40,3%; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung 0,669 berkontribusi sebesar 44,8%. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS sisiwa kelas IV SD Negeri Gugus Teuku Umar Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Saran bagi guru hendaknya dapat meningkatkan kesiapan belajar dan kedisiplinan siswa serta bekerja sama dengan orangtua siswa untuk memantau proses belajar saat dirumah, sehingga kesiapan belajar dan kedisiplinan belajar siswa menjadi lebih baik dan dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Belajar; Kedisiplinan Belajar; Hasil Belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:46
Last Modified: 02 Nov 2022 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52560

Actions (login required)

View Item View Item