ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA BUKU SISWA KELAS VI SD/MI TEMA 1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP EDISI REVISI 2018


Dwifa Putri Arifiah, 1401417302 (2021) ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA BUKU SISWA KELAS VI SD/MI TEMA 1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP EDISI REVISI 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417302 - Dwifa Putri v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) tahun 2015 dan Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2018, peserta didik di Indonesia mendapatkan nilai rata-rata yang rendah. Kurikulum yang berlaku saat ini di Indonesia adalah Kurikulum 2013. Pembelajaran Kurikulum 2013 yang dirancang dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS), merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan lulusan. Salah satu buku teks utama yang digunakan pada Kurikulum 2013 adalah Buku Siswa. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa, guru belum pernah menganalisis muatan HOTS dalam Buku Siswa secara rinci, sehingga belum mengetahui persebarannya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Berapa banyak muatan HOTS dan bagaimana persebarannya pada aspek KD, kegiatan pembelajaran, dan penilaian yang ada di Buku Siswa Kelas VI SD/MI Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Edisi Revisi 2018?”. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dan mempersentasekan muatan HOTS pada aspek KD, kegiatan pembelajaran, dan penilaian yang ada di Buku Siswa Kelas VI SD/MI Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Edisi Revisi 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode kepustakaan. Objek dalam penelitian ini berupa Buku Siswa Kelas VI SD/MI Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Edisi Revisi 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik, triangulasi teknik, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase muatan HOTS pada KD sebesar 50%, kegiatan pembelajaran sebesar 71%, dan penilaian sebesar 71%. (2) Indikator HOTS tersebar pada pembelajaran dalam subtema dengan frekuensi yang berbeda-beda. Simpulan penelitian ini bahwa muatan HOTS pada Buku Siswa Kelas VI SD/MI Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Edisi Revisi 2018 secara keseluruhan sudah baik, ditinjau dari muatan HOTS pada aspek KD, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. Disarankan kepada guru sebaiknya mencermati lebih mendalam mengenai keterampilan berpikir tingkat tinggi, sehingga guru dapat mengembangkan kegiatan pembelajaran dan penilaian, apabila ditemukan ketidaksesuaian, baik dengan kondisi peserta didik, guru, maupun sekolah. Pihak sekolah sebaiknya lebih selektif dalam menentukan buku penunjang yang digunakan, serta perlu dilakukan perbaikan dan pengembangan mengenai Buku Siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis HOTS; Buku Siswa; Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:43
Last Modified: 02 Nov 2022 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52559

Actions (login required)

View Item View Item