PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN DARING SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA N 1 PEGANDON


Riska Amalia, 3101417024 (2021) PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN DARING SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA N 1 PEGANDON. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101417024 - Riska Amalia(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal terhadap Guru Sejarah di SMA Negeri 1 Pegandon diperoleh informasi, yaitu dalam pembelajaran daring sudah menggunakan penilaian autentik 2013. Namun, guru sejarah di SMA Negeri 1 Pegandon dalam melaksanakan proses penilaian pembelajaran secara daring mengalami berbagai kendala. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui pembelajaran sejarah di SMA N 1 Pegandon, (2) untuk mengetahui proses penilaian autentik dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid 19 di SMA N 1 Pegandon dan (3) untuk mengetahui penilaian autentik dalam pembelajaran daring sejarah pada masa pandemi Covid-19 di SMA N 1 Pegandon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Studi Kasus bertempat di SMA N 1 Pegandon. Fokus penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pembelajaran sejarah di SMA N 1 Pegandon, (2) untuk mengetahui proses penilaian autentik dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid 19 di SMA N 1 Pegandon dan (3) untuk mengetahui penilaian autentik dalam pembelajaran daring sejarah pada masa pandemi Covid-19 di SMA N 1 Pegandon. Sumber data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan informan, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian mengungkapkan Proses penilaian sendiri ada beberapa hal salah satunya yaitu proses penilaian autentik. Proses penilaian pada dasarnya lebih kepada mengumpulkan informasi mengenai pencapaian dan perkembangan peserta didik melalui teknik yang dapat mengembangkan dan menunjukan tujuan proses pembelajaran tercapai. Kesimpulan 1) pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA N 1 Pegandon perlu adanya persiapan yang matang dan harus dipertimbangkan oleh guru sejarah sebelum melaksanakan pembelajaran daring, perencanaan serta persiapan yang akan dilakukan seperti mengadakan pelatihan, mempersiapkan semacam perangkat pembelajaran juga sangat di perlukan seperti RPP, silabus, prota promes, jurnal harian. 2) Terdapat beberapa kendala seperti terbatasnya waktu pembelajar karena waktu pembelajaran di kurangi sehingga materi yang di sampaikan tidak tuntas. Untuk pembelajaran luring kelemahannya yaitu terkendala internet yang lemot dan kuota internet yang terbatas. 3) Penilaian dilakukan melalui beberapa cara dan tahap yaitu afekti, kognitif dan psikomotorik. Saran dalam penelitian ini diperlukan adanya peningkatan mengenai kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah secara maksimal, sehingga guru mampu memberikan pembelajaran kepada peserta didik dengan baik dan optimal khususnya pembelajaran daring di masa pandemi covid-19

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Authentic Assessment, Online, Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:10
Last Modified: 02 Nov 2022 08:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52557

Actions (login required)

View Item View Item