ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA LKS KELAS IV TEMA 6 “CITA-CITAKU” EDISI REVISI 2017
Kenta Lenta Mulyana, 1401417301 (2021) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA LKS KELAS IV TEMA 6 “CITA-CITAKU” EDISI REVISI 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV sekolah dasar Gugus Dr. Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, diperoleh informasi terdapat 4 sekolah dasar yang menggunakan instrumen penilaian autentik yang terdapat pada LKS kelas IV tema 6 “Cita-citaku” edisi revisi 2017. Guru menggunakan instrumen tersebut sebagai alat evaluasi hasil belajar peserta didik, tanpa menganalisisnya terlebih dulu, sehingga belum diketahui kualitas instrumennya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kualitas instrumen penilaian autentik pada LKS kelas IV tema 6 “Cita-citaku” edisi revisi 2017. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Objek penelitian yang digunakan adalah instrumen-instrumen penilaian autentik yang terdapat pada LKS tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrumen penilaian ranah kognitif dilakukan dengan cara menyesuaikan aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta distribusi jenjang ranah kognitif, sedangkan analisis instrumen penilaian ranah afektif dan psikomotor dilakukan dengan cara menyesuaikan kriteria penulisan instrumen dan analisis distribusi jenjang ranah afektif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penilaian ranah kognitif bentuk soal pilihan ganda dan uraian ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasanya berkategori ‘sangat tinggi’ dan distribusi jenjang ranah kognitif pada soal-soal latihan dalam LKS kelas IV tema 6 “Cita-citaku”, tidak merata; (2) Instrumen penilaian ranah afektif, ditinjau dari kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi berkategori ‘sangat rendah’ dan distribusi jenjang ranah afektif bentuk penilaian diri pada LKS kelas IV tema 6 “Cita-citaku”, tidak merata; serta (3) Instrumen penilaian ranah psikomotor, ditinjau dari kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi berkategori ‘sangat rendah’ dan distribusi jenjang ranah psikomotor pada LKS kelas IV tema 6 “Cita-citaku”, tidak merata. Simpulan penelitian menunjukkan, instrumen penilaian autentik dalam LKS kelas IV tema 6 “Cita-citaku” pada ranah kognitif memiliki kualitas yang baik, sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor memiliki kualitas yang tidak baik. Disarankan kepada guru, sebaiknya menganalisis instrumen penilaian terlebih dulu sebelum menggunakannya, kepada pihak sekolah agar lebih selektif dalam memilih buku ajar yang akan digunakan, dan kepada penulis buku ajar hendaknya lebih memerhatikan kualitas instrumen penilaian autentik terutama pada ranah afektif dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis instrumen, kurikulum 2013, penilaian autentik. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 07:39 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 07:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52555 |
Actions (login required)
View Item |