HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KUALITAS KARAKTER DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN


Akhmad Miftakhudin, 1401417297 (2021) HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KUALITAS KARAKTER DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417297 - Akhmad Miftakhudin v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi dan kualitas karakter merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Kedua hal ini sangat berpengaruh pada prestasi belajar agar lebih optimal. Fakta empiris menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa belum sepenuhnya optimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi siswa; (2) kualitas karakter siswa; (3) prestasi belajar siswa; (4) menguji hubungan kemampuan komunikasi dengan prestasi belajar IPS; (5) menguji hubungan kualitas karakter dengan prestasi belajar IPS; (6) menguji kemampuan komunikasi dan kualitas karakter secara bersama�sama dengan prestasi belajar IPS; (7) menemukan besarnya kontribusi kemampuan komunikasi dengan prestasi belajar IPS; (8) menemukan besarnya kontribusi kualitas karakter dengan prestasi belajar IPS; dan (9) menemukan besarnya kontribusi kemampuan komunikasi dan kualitas karakter secara bersama-sama dengan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu 122 siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisa data, dilakukan uji persyaratan yang meliputi uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisa data dengan analisis deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi siswa dalam kategori baik; (2) kualitas karakter siswa dalam kategori sangat baik; (3) prestasi belajar IPS siswa dalam kategori baik; (4) antara kemampuan komunikasi dengan prestasi belajar IPS siswa diperoleh nilai rhitung 0,594; (5) antara kualitas karakter dengan prestasi belajar IPS siswa diperoleh rhitung = 0,655; (6) antara kemampuan komunikasi dan kualitas karakter dengan prestasi belajar IPS dengan rhitung = 0,737 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 54,3% (7) kemampuan komunikasi berkontribusi sebesar 35,3% dengan prestasi belajar IPS (8) kualitas karakter berkontribusi sebesar 42,9% dengan prestasi belajar IPS; (9) kemampuan komunikasi dan kualitas karakter berkontribusi sebesar 54,3% dengan prestasi belajar IPS. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi dan kualitas karakter dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen. Saran bagi guru dan sekolah hendaknya dapat meningkatkan dan menumbuhkan kemampuan komunikasi dan kualitas karakter sehingga dapat meningkatkan perolehan prestasi belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi; kualitas karakter ; prestasi belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:32
Last Modified: 02 Nov 2022 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52554

Actions (login required)

View Item View Item