PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 1 JOHO KABUPATEN BANJARNEGARA


Siti Muta’aaliy Puspito Arum Wulan Sari, 1401417296 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 1 JOHO KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417296 - Siti Muta`aaliy Puspito Arum Wulan Sari v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Situasi pandemi Corona Virus Deseases (covid-19) mengharuskan segala kegiatan seperti bekerja, ibadah, dan kegiatan belajar harus dilaksanakan di rumah demi keselamatan bersama. Kegiatan belajar dilaksanakan di rumah atau BdR, oleh karena itu, keikutsertaan orang tua penting dalam pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran orang tua selama pembelajaran daring, kendala yang dialami serta solusi bagi orang tua, guru, dan peserta didik dalam pembelajaran daring pada muatan IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif jenis deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah orang tua dan guru kelas IV SD Negeri 1 Joho. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas dan uji kepastian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, (1) Dalam pembelajaran daring peran orang tua adalah sebagai pengganti guru, fasilitator, motivator, dan sebagai pengaruh (2) Kendala yang dialami oleh orang tua yaitu : orang tua kurang memahami materi, keterbatasan waktu sulit menumbuhkan minat belajar anak, terkendala dalam mengoperasikan gadget, tingkat kesabaran orang tua rendah. (3) Solusi dari kendala yang dihadapi orang tua diantaranya : orang tua berdiskusi secara aktif dengan guru, mengumpulkan tugas-tugas secara langsung kepada guru, memberikan apresiasi. Berdasarkan hasil penelitian, orang tua perlu mendampingi, membantu peserta didik, memberi motivasi pada saat mengikuti kegiatan belajar dari rumah. Dengan peran serta orang tua, peserta didik termotivasi dalam kegiatan belajar di rumah sehingga kegiatan belajar pun dilakukan dengan optimal dan hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring; peran orang tua; muatan IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:27
Last Modified: 02 Nov 2022 07:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52553

Actions (login required)

View Item View Item