PENGEMBANGAN MEDIA GRAPHIC ORGANIZER TIPE KWHL CHART UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS DONGENG KELAS II SDN KRANDEGAN


Fathan Nuri Luthfian, 1401417286 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA GRAPHIC ORGANIZER TIPE KWHL CHART UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS DONGENG KELAS II SDN KRANDEGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417286 - Fathan Nuri Luthfian v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan teks dongeng. Hal ini terjadi karena media yang digunakan pada sekolah tersebut masih kurang memadai dan masih sangat terbatas. Pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru membuat siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kurangnya variasi model serta metode dalam pembelajaran. Guru cenderung menggunakan metode ceramah, penugasan dan diskusi. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Graphic Organizer Tipe KWHL Chart untuk siswa kelas II SD yakni, 1) menghasilkan media Graphic Organizer Tipe KWHL Chart, 2) menguji kelayakan media Graphic Organizer Tipe KWHL Chart, dan 3) menguji keefektifan media Graphic Organizer Tipe KWHL Chart. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Bord dan Gahl. Prosedur penelitian ini yaitu potensi dan masalah; pengumpulan data; desain produk; validasi desain; revisi desain; uji coba produk; revisi produk; uji coba pemakaian. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data awal, analisis data produk, dan analisis data akhir. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan yakni, 1) media Graphic Organizer Tipe KWHL Chart yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa, 2) hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh validator ahli media dan ahli materi mendapatkan rata-rata presentase sebesar 96,25% dengan kategori sangat layak, 3) uji kelayakan oleh guru dan siswa pada uji coba produk kecil mendapatkan rata-rata presentase sebesar 93% dari guru kelas II dan 88,8% dari siswa kelas II SDN Krandegan, dan 4) pada uji keefektifan media Graphic Organizer Tipe KWHL Chart pada siswa kelas II SDN Krandegan menghasilkan rata-rata nilai sebelum mendapatkan perlakuan (pretest) yaitu 67,65 dan setelah mendapatkan perlakuan (postest) yaitu 83 Presentase peningkatan hasil kemampuan memahami isi teks dongeng yakni sebesar 50% Graphic Organizer Tipe KWHL Chart juga efektif digunakan sebagai media pendukung pembelajaran Bahasa Indonesia materi dongeng, terlihat dari hasil uji t thitung sebesar 4.34175 lebih besar dari ttabel 2.024 Hasil perhitungan N-gain sebesar 0,494 dilihat dari selisih hasil pretest dan postest. Simpulan hasil penelitian ini yaitu media Graphic Organizer Tipe KWHL Chart layak oleh para ahli dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi teks bacaan dongeng. Peneliti menyarankan guru dapat mengembangkan media pembelajaran Bahasa Indonesia yang inovatif agar siswa mudah memahami dan meningkatkan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Graphic Organizer Tipe KWHL Chart, memahami isi teks dongeng
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:14
Last Modified: 02 Nov 2022 07:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52548

Actions (login required)

View Item View Item