PERILAKU PENCEGAHAN INFEKSI MENULAR SEKSUAL PADA WANITA PEKERJA SEKSUAL KABUPATEN TEGAL


Mardiana, - PERILAKU PENCEGAHAN INFEKSI MENULAR SEKSUAL PADA WANITA PEKERJA SEKSUAL KABUPATEN TEGAL. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

[thumbnail of 3. Perilaku Pencegahan Infeksi Menular Seksual Pada Wanita Pekerja Seksual Kabupaten Tegal - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (169kB)

Abstract

Wanita Pekerja Seks merupakan kelompok risiko tinggi terkena IMS dan paling berpen- garuh dalam persebaran IMS. Lokalisasi Peleman berada di Kabupaten Tegal, dengan kasus IMS lebih dari 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran per- ilaku WPS dalam upaya pencegahan IMS di Lokalisasi Peleman. Jenis penelitian meng- gunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan informan snowball sampling. Informan berjumlah 6 WPS, 6 teman WPS, 6 mucikari dan 1 petugas keseha- tan Puskesmas Jatibogor. Teknik pengambilan data berupa wawancara mendalam dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk narasi. Penelitian ini dilakukan tahun 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WPS cukup aktif mencari informasi IMS melalui teman, petugas kesehatan, penyuluhan, media ce- tak dan elektronik, tetapi tidak melalui mucikari. Hampir semua WPS merayu pelang- gan untuk memakai kondom dan dapat memakai kondom dengan baik. Vaginal higiene WPS belum baik, mereka membersihkan vagina bagian dalam menggunakan antiseptik dan pasta gigi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sexually transmitted infections; female sex workers.
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:13
Last Modified: 02 Nov 2022 07:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52547

Actions (login required)

View Item View Item