ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR/ MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS 3 SEMESTER 2 TEMA CUACA


Dhea Silviana, 1401417285 (2021) ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR/ MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS 3 SEMESTER 2 TEMA CUACA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417285 - Dhea Silviana v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru kelas 3 SDN Pakijangan 02 dan SDN Banjaratma 01, diperoleh informasi bahwa analisis buku teks belum pernah dilakukan. Setiap buku teks pelajaran yang akan diedarkan kepada siswa akan dinilai terlebih dahulu kelayakannya oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), akan tetapi secara empiris masih terdapat beberapa hal yang dinilai kurang tepat. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Bagaimana kesesuaian uraian materi dengan KI dan KD, keakuratan materi, materi pendukung pembelajaran pada Buku Teks kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Semester 2 Tema Cuaca terbitan Erlangga?”. Tujuan umum penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis kelayakan Buku Teks kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Semester 2 Tema Cuaca terbitan Erlangga dengan BSNP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian KI dan KD pada kelengkapan materi dalam muatan Bahasa Indonesia sebagian besar hanya menguraikan materi KD 3.3 dan jarang menguraikan materi KD 4.3 serta muatan SBdP ditemukan uraian materi yang tidak sesuai dengan KD. Keluasan materi ditemukan kekurangan yaitu belum adanya pemberian contoh di beberapa pembelajaran dalam muatan pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, dan SBdP. Keakuratan materi pada akurasi konsep dan definisi ditemukan berbagai muatan yang belum memberikan definisi yang jelas dalam buku serta akurasi prosedur pada muatan Bahasa Indonesia dan SBdP yang sulit untuk diterapkan dan akurasi soal pada kesalahan soal latihan subtema 3 pada muatan Matematika. Materi pendukung pembelajaran pada kesesuaian dengan perkembangan ilmu dan teknologi, keterkaitan fitur, contoh, dan rujukan yang melebihi 5 tahun dan keterkaiatan antar konsep pada muatan Matematika dan PPKn yang kurang memiliki keterkaiatan dengan tema. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Buku Teks Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Semester 2 Tema Cuaca terbitan Erlangga secara umum sudah sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan, namum memerlukan perbaikan pada aspek kelengkapan materi, keluasan materi, akurasi konsep dan definisi, akurasi prosedur, akurasi soal, kesesuaian dengan perkembangan ilmu dan teknologi, keterkaitan antar konsep, serta kemenarikan materi. Saran yang penulis berikan yaitu guru perlu menganalisis terlebih dahulu bahan ajar maupun sumber belajar yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Buku Teks, dan Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:10
Last Modified: 02 Nov 2022 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52546

Actions (login required)

View Item View Item