PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL PADA MUPEL IPS KELAS V SDN 01 BLIGOREJO KABUPATEN PEKALONGAN


Yuanida Oftafiani, 1401417283 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL PADA MUPEL IPS KELAS V SDN 01 BLIGOREJO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417283 - Yuanida Oftafiani v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

IPS merupakan salah satu muatan pelajaran yang diajarkan di SD. Berdasarkan hasil observasi, studi dokumentasi, dan wawancara dengan guru kelas V SDN 01 Bligorejo Kabupaten Pekalongan, diketahui bahwa hasil belajar IPS siswa masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan kurang menarik karena belum menggunakan media yang inovatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash dengan Model Pembelajaran PBL, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media terhadap pembelajaran IPS kelas V SDN SDN 01 Bligorejo Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu research and development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan yang dilaksanakan mengacu pada model pengembangan menurut Borg & Gall meliputi tahap mengumpulkan informasi dan memecahkan masalah, mengumpulan data, mendesain produk, memvalidasi desain, merevisi desain, menguji coba produk, merevisi produk, dan menguji coba pemakaian. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Teknik analisis data meng�gunakan analisis data awal dengan Uji normalitas data (Chi Kuadrat) dan analisis data akhir dengan Uji t berpasangan dan Uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melalui tahap validasi produk oleh ahli materi diperoleh skor 85,26% dan oleh ahli media diperoleh skor 90,52% dengan kategori sangat layak. Keefektifan media diuji dengan perhitungan hasil nilai tes awal dan tes akhir menggunakan uji-t berpasangan diperoleh t_hitung = 15,32 > t_tabel = 2,045 maka H0 ditolak atau Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash dengan Model Pembelajaran PBL efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran IPS. Peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash sebagai salah satu media untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi peristiwa kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; media pembelajaran, PBL, pembelajaran berbasis Adobe Flash
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:07
Last Modified: 02 Nov 2022 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52545

Actions (login required)

View Item View Item