PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAHAMI GAGASAN DARI TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN MLATEN 1


Novayati, 1401417274 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAHAMI GAGASAN DARI TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN MLATEN 1. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417274 - Novayati v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan beberapa temuan permasalahan di lapangan adalah rendahnya keterampilan memahami gagasan siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; (1) belum terdapat media pembelajaran yang inovatif, (2) pelaksanaan pembelajaran masih tergolong konvensional, dan (3) belum terdapat variasi dalam penerapan model pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini antara lain; (1) Bagaimana desain pengembangan media scrapbook, (2) bagaimana kelayakan pengembangan media scrapbook, dan (3) bagaimana keefektifan media scrapbook. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan desain pengembangan media scrapbook, mendeskripsikan kelayakan pengembangan media scrapbook, dan menguji keefektifan media scrapbook. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Dari 10 langkah penelitian, yang dilaksanakan peneliti sesuai kebutuhan menjadi 8 langkah yaitu; (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, dan (8) uji coba pemakaian. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Mlaten 1. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh dari hasil uji kelayakan dan hasil uji coba pemakaian. Dari ahli media mendapatkan presentase 100% dengan kategori sangat layak dan dari ahli materi mendapatkan presentase 97,9% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba pemakaian memperoleh rata-rata postest yaitu 77 dengan nilai rata-rata sebelum pretest sebesar 50,8. Hasil uji keefektifan diperoleh t hitung 13,411 lebih besar dari t tabel 2,03452. Hasil perhitungan N-gain sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa scrapbook memahami gagasan efektif meningkatkan keterampilan memahami gagasan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: memahami gagasan; model discovery learning, scrapbook
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:03
Last Modified: 02 Nov 2022 07:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52544

Actions (login required)

View Item View Item