PENGEMBANGAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN SUMURBANGER 01 BATANG


Dani Rasyid Khoirunni’am W, 1401417271 (2021) PENGEMBANGAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN SUMURBANGER 01 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417271 - Dani Rasyid v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Sumurbanger 01 Batang melalui wawancara dengan guru kelas tiga terdapat permasalahan yang dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tiga yaitu keterbatasan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pop up book untuk meningkatkan keterampilan membaca Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Sumurbager 01 Batang. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan menurut Sugiyono yang disederhanakan sesuai kebutuhan penelitian, langkah tersebut meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes (wawancara, angket, dokumentasi). Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji t-test dan uji peningkatan rata-rata (N-Gain). Hasil penelitian ini yaitu media yang dikembangkan memuat materi kelas III tema perkembangan teknologi pangan dan dibuat dalam bentuk cetak berukuran sedang sebanyak 7 halaman dengan desain yang menarik serta menggunakan bahasa yang sederhana. Hasil menunjukkan persentase didapatkan dari kelayakan isi sebesar 87,5% dengan kriteria sangat layak dan kelayakan penyajian sebesar 90% dengan kriteria sangat layak. Media pop up book efektif digunakan untuk pembelajaran membaca nyaring, dibuktikan dengan perhitungan uji t data pretest dan posttest menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0,000<0,05 dan uji peningkatan rata-rata sebesar 0,52. Simpulan penelitian ini yaitu media pop up book efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring peserta didik. Dibuktikan dengan perhitungan uji T data pretest dan posttest menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0,000<0,05 dan uji peningkatan rata�rata sebesar 0,52 dengan kriteria sedang.. Saran, pengembangan media pop up book membutuhkan perhatian lebih dalam beberapa hal, yaitu (1) penyajian gambar disesuaikan peserta didik di sekolah dasar; dan (2) ukuran buku dan font dalam media memperhatikan keterbacaan peserta didik; dan perlu pengembangan lebih lanjut media pop up book untuk melengkapi kekurangan yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan; Membaca Nyaring; Pop Up Book
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 06:58
Last Modified: 02 Nov 2022 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52543

Actions (login required)

View Item View Item