KEEFEKTIFAN POP-UP BOOK BERMUATAN ETNOSAINS TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM TATA SURYA


Anisa Fridayanti, 4001415014 (2021) KEEFEKTIFAN POP-UP BOOK BERMUATAN ETNOSAINS TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM TATA SURYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001415014 - Anis f v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

PISA tahun 2015 menunjukkan bahwa rata-rata nilai literasi sains peserta didik Indonesia masih rendah yaitu 403 dan berada pada peringkat 62 dari 70 negara. Hal ini didukung oleh hasil observasi yang telah dilakukan di SMP N 01 Batangan. Literasi sains yang rendah berdampak pada kurangnya kepedulian terhadap perkembangan serta permasalahan di lingkungan sekitar, seperti fenomena alam, keunggulan lokal daerah, maupun permasalahan lainnya. IPA dapat dikaitkan dengan aktivitas atau peristiwa sehari-hari yang dapat ditemukan di masyarakat dan berhubungn dengan kearifan lokal. Kearifan lokal mengandung berbagai pengetahuan asli, dimana dapat ditransformasikan dan direkonstruksikan menjadi sains ilmiah, dimana kegiatan ini disebut etnosains. Kemampuan peserta didik dalam memahami mata pelajaran IPA masih kurang terutama pada materi yang bersifat abstrak, contohnya adalah materi sistem tata surya. Sehingga diperlukan alternatif dalam pembelajaran sistem tata surya yang dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Media pop-up book bermuatan etnosains menjadi alternatif yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran sistem tata surya, dimana dalam pembuatannya disesuaikan dengan materi ajar serta model pembelajaran, sehingga penelitian ini dilakukan untuk menguji keefektifannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Metode pengumpulan data berupa tes, angket, dan dokumentasi, dengan instrumen berupa tes dan non tes. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan pop-up book bermuatan etnosains dapat meningkatkan nilai hasil posttest. Ketuntasan belajar sebesar 93,75% dan ketidaktuntasan sebesar 6,25%. Setiap aspek literasi sains di kedua kelas mengalami kenaikan, dimana aspek pengetahuan, konteks, kompetensi serta sikap sains, berturut-turut memiliki N-Gain sebesar 0,76; 0,72; 0,70; dan 0,71. Uji beda one sample t test dari hasil posttest memiliki

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: effectiveness, pop-up book, ethnoscience, scientific literacy, solar system
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:10
Last Modified: 02 Nov 2022 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52541

Actions (login required)

View Item View Item