PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL MASA REVOLUSI TAHUN 1945-1950 DI PATI UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI
Kartika Nur Fajriyah, 3101417013 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL MASA REVOLUSI TAHUN 1945-1950 DI PATI UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran sejarah lokal dapat memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai berbagai peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan tempat tinggal mereka. Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa di SMA Negeri 2 Pati, materi sejarah lokal masih jarang disinggung serta belum pernah dilakukan pengembangan bahan ajar terkait materi sejarah lokal yang ada di Pati. Selain itu, sejak adanya pandemi coronavirus diseases (covid-19), kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Hal tersebut menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif dikarenakan adanya berbagai kendala yang dialami baik oleh siswa maupun guru. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan materi ajar sejarah lokal seputar peristiwa Agresi Militer Belanda II yang terjadi di Kabupaten Pati dalam bentuk e-modul guna menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada mata pelajaran sejarah indonesia di SMA Negeri 2 Pati. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui kondisi pembelajaran sejarah terkait materi ajar sejarah lokal di SMA Negeri 2 Pati. 2) Mengembangkan e-modul sejarah lokal Pati pada masa revolusi tahun 1945-1950 yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran sejarah Indonesia di SMA Negeri 2 Pati. 3) Mengetahui efektifitas e-modul sejarah lokal Pati masa revolusi tahun 1945-1950 dalam pembelajaran mata pelajaran sejarah Indonesia di SMA Negeri 2 Pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp (1997) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu : 1) Preliminary Research (Penelitian Awal) dilaksanakan dengan observasi awal serta mengumpulkan sumber yang relevan dengan materi yang akan dikembangkan, 2) Prototyping Phase (Fase Pengembangan) dilaksanakan dengan menyusun dan merealisasikan rancangan modul, 3) Assesment Phase (Fase Penilaian) dilaksanakan dengan meminta pertimbangan ahli terkait produk yang telah dikembangkan dan dilanjutkan dengan implementasi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil uji validasi materi mendapatkan persentase 84,56%. Sedangkan uji validasi materi pada tahap 1 memperoleh persentase 75,96% dan tahap 2 memperoleh persentase 88,46% Kegiatan penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pati dengan kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 sebagai kelas uji coba. Dari hasil rekapitulasi penilaian yang dilakukan oleh guru diperoleh persentase 88,08% dengan kriteria sangat layak, sedangkan hasil rekapitulasi angket penilaian siswa terhadap penggunaan e-modul dalam kegiatan pembelajaran sejarah diperoleh rata-rata persentase sebesar 87,67% dengan kriteria penilaian sangat layak. Selain itu, berdasarkan hasil Uji N-Gain yang diperoleh melalui hasil penilaian Pre Test dan Post Test yang diberikan kepada siswa memperoleh skor 0,80 dengan interpretasi tinggi dan persentase nilai N-gain diperoleh angka 80,91% dengan interpretasi efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi e-modul sejarah lokal di SMA Negeri 2 Pati dinyatakan efektif. Saran bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan bahan ajar berupa e-modul interaktif dengan mencantumkan ilustrasi berupa video agar memudahkan siswa dalam memahami materi. selain itu, dapat ditambahkan fitur yang dapat memudahkan pengerjaan soal evaluasi agar bahan ajar yang dikembangkan lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Materi Pembelajaran Sejarah Lokal Pati, E-Modul |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 06:58 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 06:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52540 |
Actions (login required)
View Item |