HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SDN GUGUS MELATI KOTA SEMARANG


Merinda Sintya Pradani, 1401417267 (2021) HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SDN GUGUS MELATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417267 - Merinda Sintya Pradani v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan faktor penentu keberhasilan dalam belajar. Pemanfaatan media pembelajaran dan sumber belajar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan data hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Melati Kota Semarang diketahui tingkat pemanfaatan media pembelajaran dan sumber belajar bahasa Jawa siswa belum optimal. Hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan media pembelajaran dengan hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas IV di SD Negeri Gugus Melati, (2) menguji hubungan sumber belajar dengan hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas IV di SD Negeri Gugus Melati, (3) menguji hubungan antara media pembelajaran dan sumber belajar dengan hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas IV di SD Negeri Gugus Melati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Gugus Melati Kota Semarang yang berjumlah 115 siswa. Pengambilan sampel dilaksanakan menggunakan teknik Sampel Jenuh dengan semua populasi dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan: (1) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar bahasa Jawa, nilai rhitung = 0,631 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 39,9%, (2) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar bahasa Jawa, nilai rhitung = 0,582 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi 33,9%, (3) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran dan sumber belajar dengan hasil belajar bahasa Jawa, nilai rhitung = 0,638 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi 40,7%. Simpulan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran dan sumber belajar dengan hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas IV SDN Gugus Melati Kotas Semarang. Saran bagi siswa mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar yang beragam dan bagi seluruh pihak terkait mampu mengembangkan media pembelajaran dan sumber belajar sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media pembelajaran, sumber belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 06:49
Last Modified: 02 Nov 2022 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52539

Actions (login required)

View Item View Item