PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJAS SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG


Nadia Widarepsa Budiharjo, 1401417264 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJAS SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417264 - Nadia Widarepsa B v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra-penelitian yang dilakukan di SD Negeri Purwoyoso 03 Semarang melalui wawancara, angket, dan dokumentasi, ditemukan sebuah permasalahan yaitu minimnya bahan ajar inovatif muatan materi PENJAS yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan bahan ajar berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar Siswa SDN Purwoyoso 03 Semarang. Tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif, mengkaji kelayakan, dan keefektifan dari bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada muatan PENJAS materi variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kasti. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono yang terdiri 8 tahap: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Purwoyoso 03 Semarang. Uji coba skala besar dilakukan di kelas IVC dengan jumlah 34 siswa dan uji coba skala kecil dilakukan dikelas IVB dengan siswa dipilih menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir (uji t dan uji N gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis multimedia interaktif sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan media 97,5%, kelayakan isi 95,8%, tanggapan siswa 99,16% dan tanggapan guru 100%. Bahan ajar berbasis multimedia interaktif efektif digunakan berdasarkan hasil uji t menunjukkan -ttabel < thitung < ttabel (-1,996564 < -9,08277 < 1,996564), maka Ho ditolak dan didukung dengan uji N-gain pada pretest dan posttest diperoleh 0,369 dengan kriteria sedang. Hasil persentase angket tanggapan guru dan siswa menunjukkan katergori yang sangat baik sehingga membuat bahan ajar efektif untuk digunakan Simpulan penelitian ini yaitu bahan ajar berbasis multimedia interaktif sangat layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar PENJAS siswa di SDN Purwoyoso 03 Semarang. Saran, perlu adanya pengembangkan lebih lanjut terkait bahan ajar berbasis multimedia interaktif dengan memperbaiki tampilan dan materi pada bahan ajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Mutimedia Interaktif, PENJAS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 06:45
Last Modified: 02 Nov 2022 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52538

Actions (login required)

View Item View Item