ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA LKS BELAJAR PRAKTIS TEMATIK TERPADU TEMA 8 BUMIKU UNTUK SD/MI KELAS VI


Annisa Nur Kholifah, 1401417263 (2021) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA LKS BELAJAR PRAKTIS TEMATIK TERPADU TEMA 8 BUMIKU UNTUK SD/MI KELAS VI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417263 - annisa nur kholifah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru kelas VI SD Gugus Pattimura Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, menunjukkan bahwa terdapat 5 SD yang menggunakan instumen autentik yang ada pada LKS Belajar Praktis Tematik Terpadu Tema 8 Bumiku. Kualitas yang dimiliki instrumen tersebut belum diketahui, sebab guru belum menganalisis terhadap instrumen yang ada pada buku tersebut. Penelitian ini bertujuan menentukan kualitas instrumen penilaian autentik pada LKS Belajar Praktis Tematik Terpadu Tema 8 Bumiku. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Objek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen penilaian autentik yang terdapat pada LKS Belajar Praktis Tematik Terpadu Tema 8 Bumiku. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Analisis terhadap instrumen penilaian ranah pengetahuan dengan menyesuaikan aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta distribusi jenjang ranah pengetahuan taksonomi Bloom. Analisis yang dilakukan pada instrumen ranah sikap dan keterampilan yaitu dengan menyesuaikan instrumen penilaian dengan kriteria penulisan instrumen dan analisis distribusi jenjang ranah sikap taksonomi Bloom, serta distribusi jenjang ranah keterampilan taksonomi versi Dave. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penilaian ranah pengetahuan berupa soal pilihan ganda, jawab singkat, dan uraian ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasanya, berkategori sangat tinggi. Distribusi jenjang ranah pengetahuan tidak merata, karena beberapa soal latihan tidak memuat jenjang menerapkan (C3); (2) Instrumen penilaian ranah sikap, ditinjau dari kriteria penulisan instrumen, memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi, serta distribusi jenjang ranah sikap bentuk penilaian diri pada LKS tersebut, tidak merata; (3) Instrumen penilaian ranah keterampilan, ditinjau dari kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi berkategori sangat rendah dan distribusi jenjang ranah keterampilan taksonomi versi Dave pada LKS tersebut, tidak merata. Simpulan penelitian ini yaitu instrumen penilaian autentik dalam LKS Belajar Praktis Tematik Terpadu Tema 8 Bumiku pada ranah pengetahuan dan sikap memiliki kualitas yang baik, sedangkan pada ranah keterampilan memiliki kualitas yang kurang baik. Penulis menyarankan kepada guru, sebaiknya menganalisis instrumen terlebih dahulu sebelum menggunakannya, kepada pihak sekolah, sebaiknya lebih selektif dalam memilih buku yang digunakan sebagai pendamping pembelajaran, dan untuk penulis buku sebaiknya lebih memerhatikan kembali kualitas instrumen penilaian autentik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis instrumen, penilaian autentik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:27
Last Modified: 02 Nov 2022 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52535

Actions (login required)

View Item View Item