PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BERBANTUAN HOLAHOP UNTUK MENINGKATKAN KEAKURASIAN MELEMPAR DALAM PERMAINAN BOLA TANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI SAWANGAN 3


Edo Agung Prayogo, 1401417262 (2021) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BERBANTUAN HOLAHOP UNTUK MENINGKATKAN KEAKURASIAN MELEMPAR DALAM PERMAINAN BOLA TANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI SAWANGAN 3. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417262 - Edo Agung Prayogo v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di SDN Sawangan 3 ditemukan permasalahan berupa kurangnya penggunaan alat peraga menjadikan peserta didik kurang akurat melempar bola kearah gawang, pemanfaatan alat peraga kurang inovatif membuat proses pembelajaran hanya terbatas pada buku dan sarana yang disediakan pemerintah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan alat peraga bola tangan berbantuan imageri untuk meningkatakan keakurasian siswa melempar bola kelas V SDN Sawangan 3. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan alat peraga bola tangan berbantuan imageri untuk meningkatakan keakurasian siswa melempar bola kelas V SDN Sawangan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono yang menggunakan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sawangan 3 sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media serta analisis tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan N�gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa alat peraga bola tangan berbantuan holahop sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli alat peraga sebesar 92,5%, dan kategori sangat layak berdasarkan ahli materi sebesar 89,06%. Hasil uji t yaitu thitung = 9,21138 > ttabel = 1,98972, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat peraga bola tangan berbantuan holahop efektif digunakan pada pembelajaran PJOK terhadap keterampilan siswa melempar bola. Hal ini diperkuat oleh N-gain data pretest dan posttest sebesar 0,406 dengan kriteria sedang.Simpulan penelitian ini adalah alat peraga bola tangan berbantuan holahop sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan PJOK materi bola tangan kelas V. Saran penelitian selanjutnya dapat mengembangkan alat peraga pada materi lain dengan memperbaiki tampilan desain agar lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat peraga berbatuan holahop, Keterampilan melempar bola, PJOK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:24
Last Modified: 02 Nov 2022 04:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52534

Actions (login required)

View Item View Item