ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH SISWA KELAS IV SD NEGERI PANGGUNG 11 KOTA TEGAL


Amanda Kemala Sari, 1401417257 (2021) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH SISWA KELAS IV SD NEGERI PANGGUNG 11 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417257 - Amanda Sari v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Analisis kesulitan belajar matematika materi keliling dan luas daerah pada siswa kelas IV dilakukan karena adanya masalah bahwa belajar siswa, cara guru mengajar, serta pendampingan belajar orangtua siswa yang kurang optimal. Hal ini terjadi karena pengaruh pandemi covid-19 yang mengharuskan guru melakukan pembelajaran daring yang menuntut guru menguasai IT, dan pendampingan belajar oleh orangtua siswa sangat diperlukan, namun tuntutan tersebut belum berjalan optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis dan mendeskripsikan penyebab kesulitan siswa dalam belajar matematika pada materi keliling dan luas daerah; (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pada saat pembelajaran matematika materi keliling dan luas daerah; (3) Menganalisis dan mendeskripsikan cara guru dan orangtua dalam menangani kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi keliling dan luas daerah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan, kesulitan belajar matematika materi keliling dan luas daerah pada siswa kelas IV sebagai berikut. (1) kesulitan yang dialami siswa utamanya terdapat pada perkalian dan pembagian dasar, serta menghitung rumus keliling dan luas daerah; (2) Guru belum optimal dalam menjelaskan materi dan pemanfaatan penggunaan media belajar; (3) Siswa lebih senang bermain dan kurang disiplin dalam belajar; (4) pendampingan belajar orang tua siswa masih kurang optimal. Simpulan: kesulitan belajar siswa disebabkan karena siswa kurang disiplin dalam belajar, guru belum menggunakan strategi pembelajaran yang efektif, dan orang tua siswa belum berperan optimal dalam mendampingi belajar anak. Disarankan kepada guru hendaknya lebih mendorong siswa untuk berusaha mencapai keberhasilan melalui pembelajaran yang bermakna, dan orang tua siswa hendaknya meningkatkan program pendampingan belajar anak di rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: faktor kesulitan belajar, materi keliling dan luas daerah, pembelajaran matematika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:20
Last Modified: 02 Nov 2022 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52533

Actions (login required)

View Item View Item