PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK MATERI TARI KREASI DAERAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN SBdP KELAS IV SD NEGERI BALONG, GUNUNGKIDUL, D.I YOGYAKARTA
Rafidati Diyana Karya Murti, 1401417255 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK MATERI TARI KREASI DAERAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN SBdP KELAS IV SD NEGERI BALONG, GUNUNGKIDUL, D.I YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada penggunaan bahan ajar yang terbatas dan berbentuk buku cetak dan presentase sebesar 53% dari 31, siswa memperoleh hasil belajar dibawah KKM . Maka, diperlukan pengembangan bahan ajar yang lebih praktis dengan memanfaatkan teknologi dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik kognitif maupun psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan keefektifan bahan ajar e-book pada materi tari kreasi daerah kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model rancangan ADDIE. Subyek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri Balong, Gunungkidul. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, angket tes dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitiatif. Hasil penelitian menunjukan pengembangan dilakukan pada aspek komponen dan tampilan bahan ajar e-book dinilai layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kelayakan bahan ajar dibuktikan melalui penilaian ahli materi memperoleh skor 79% dan skor 89% dari ahli pembuatan buku. Selain itu, tanggapan dari pengguna pada uji coba produk sebesar 91% dari guru dan 79% dari siswa. Keefektifan bahan ajar e-book diketahui pada uji coba produk kelompok kecil dan besar diperoleh dari hasil Uji t-test secara berurutan memperoleh hasil Menandakan bahwa adanya perbedaan hasil belajar antara sebelum dengan sesudah menggunakan bahan ajar e-book. Peningkatan rata-rata hasil belajar pada uji coba produk kelompok kecil dan besar secara berurutan 0,77 dan 0,73 dan memperoleh kriteria tinggi. ` simpulan penelitian ini adalah bahan ajar e-book telah dikembangkan melalui 5 tahapan model ADDIE. Bahan ajar e-book layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran serta berdampak pada peningkatan hasil belajar. Adapun Saran dalam penelitian berupa guru dapat mengembangkan bahan ajar dalam bidang seni tari yang lebih lengkap dan inovatif dalam rangka menunjang peningkatan mutu sekolah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, E-Book, SBdP, Tari Kreasi. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 04:16 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 04:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52531 |
Actions (login required)
View Item |