ANALISIS KESESUAIAN MATERI MATEMATIKA DALAM BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR BERDASARKAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013


Ayu Murtiana, 1401417254 (2021) ANALISIS KESESUAIAN MATERI MATEMATIKA DALAM BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR BERDASARKAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417254 - Ayu Murtiana v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah telah menerbitkan Buku Guru dan Buku Siswa Matematika sebagai pedoman pembelajaran Kurikulum 2013. Buku Guru dan Buku Siswa Matematika harus sesuai dengan Standar Isi Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa, guru belum melakukan kegiatan analisis terhadap materi pada Buku Guru dan Buku Siswa Matematika secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis dan mendeskripsikan kesesuaian KI 2 Buku Guru Matematika berdasarkan Standar Isi Kurikulum 2013, (2) Menganalisis dan Mendeskripsikan kesesuaian KD dalam KI 3 dan KD dalam KI 4 Buku Guru dan Buku Siswa berdasarkan Standar Isi Kurikulum 2013, (3) Menganalisis dan mendeskripsikan Kecakupan Materi Buku Guru dan Buku Siswa Matematika. Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimana kesesuaian KI 2 Buku Guru Matematika berdasarkan Standar Isi Kurikulum 2013, (2) Bagaimana kesesuaian KD dalam KI 3 dan KD dalam KI 4 Buku Guru dan Buku Siswa berdasarkan Standar Isi Kurikulum 2013, (3) Bagaimana Kecakupan Materi Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KI dan KD dalam materi Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Standar Isi Kurikulum 2013, namun perlu perbk8aikan pada KI 3 dan KD, KI 4 dan KD pada materi Buku Guru dan Siswa Matematika. Kecakupan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa secara keseluruhan sudah sesuai dengan Standar Isi Kurikulum 2013, namun perlu perbaikan pada aspek kedalaman materi. Saran yang penulis berikan yaitu Guru harus memperhatikan sumber belajar yang digunakan sehingga sesuai dengan Kurikulum yang berlaku. Guru perlu menganalisis kesesuaian KI dan KD, Kecakupan materi. Bagi penulis buku teks pelajaran, diharapkan untuk lebih teliti dalam proses penyusunan sehingga isi di dalam buku mencakup semua KI dan KD Kurikulum 2013. Bagi penerbit diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk menambah kualitas buku yang diterbitkan dan memenuhi Standar Isi Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Buku Matematika; dan Standar Isi Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:11
Last Modified: 02 Nov 2022 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52528

Actions (login required)

View Item View Item