PENGARUH MINAT BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS V SDN GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Novia Puji Rahayu, 1401417253 (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS V SDN GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian yang diperoleh bahwa minat belajar, kemandirian belajar dan self-efficacy siswa kelas V SDN Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang masih rendah, serta kemampuan pemecahan masalah siswa masih perlu ditingkatkan lagi. Tujuan penelitian ini yaitu: menguji pengaruh antara minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; menguji pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; mengujii pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; dan menguji pengaruh minat belajar, kemandirian belajar, dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan jumlah populasi sebanyak 149 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling sebanyak 109 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Sebelum analisis data, dilakukan uji persyaratan data berupa Metode Succesive Interval (MSI), uji normalitas, linearitas, multikolinieritas, heterokedastisitas, dan autokorelasi. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, korelasi berganda, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji determinasi, uji t, uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh rhitung = 0,508 serta kontribusi sebesar 25,8%; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh rhitung = 0,580 serta kontribusi sebesar 33,7% ; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self�efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh rhitung = 0,490 serta kontribusi sebesar 24% ; (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar, kemandirian belajar, dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh rhitung = 0,656 serta kontribusi sebesar 43%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar, kemandirian belajar, dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis kelas V SDN Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Saran, dalam penelitian ini, guru lebih mengoptimalkan minat belajar, kemandirian belajar, dan self-efficacy siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mateamtis siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar; kemandirian belajar; self-efficacy; kemampuan pemecahan masalah matematis |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 04:04 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 04:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52525 |
Actions (login required)
View Item |