HUBUNGAN KEMANDIRIAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS DI MASA PANDEMI PADA KELAS V SDN GUGUS MELATI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


Mainisa Mukarromah, 1401417251 (2021) HUBUNGAN KEMANDIRIAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS DI MASA PANDEMI PADA KELAS V SDN GUGUS MELATI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417251 - Mainisa Mukarromah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemandirian dan keaktifan belajar siswa khususnya di masa pandemi Covid-19 merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Siswa yang memiliki tingkat kemandirian dan keaktifan belajar yang tinggi maka tingkat keberhasilan belajarnya pun tinggi. Berdasarkan hasil dari pra penelitian, peneliti menemukan beberapa permasalahan diantaranya, hasil belajar IPS yang masih rendah, selain itu kemandirian dan keaktifan belajar siswa yang masih kurang optimal di masa pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS, menguji hubungan keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar IPS, dan menguji hubungan kemandirian dan keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gugus Melati Kecamatan Ngaliyan sebanyak 108 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Variabel penelitian ini meliputi kemandirian belajar siswa, keaktifan belajar siswa, dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung > rtabel (0,321 > 0,189) termasuk dalam kategori rendah serta berkontribusi sebesar 10,3%; (2) terdapat hubungan antara keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung > rtabel (0,401 > 0,189) termasuk dalam kategori sedang serta berkontribusi sebesar 16,1%; (3) terdapat hubungan antara kemandirian dan keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung > rtabel (0,450 > 0,189) termasuk dalam kategori sedang serta berkontribusi sebesar 20,3%. Simpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS di masa pandemi, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar IPS di masa pandemi, serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dan keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar IPS di masa pandemi. Saran dalam penelitian ini, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemandirian dan keaktifan belajar di masa pandemi sehingga mendapatkan hasil belajar yang maksimal serta tetap dalam bimbingan guru dan orang tua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS; keaktifan; kemandirian
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:59
Last Modified: 02 Nov 2022 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52522

Actions (login required)

View Item View Item