PENGEMBANGAN MODIFIED SCRABBLE GAME BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NONFIKSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 BANYUPUTIH JEPARA


Jihan Farah Salsabila, 1401417245 (2021) PENGEMBANGAN MODIFIED SCRABBLE GAME BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NONFIKSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 BANYUPUTIH JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417245 - jihan farah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan menulis teks nonfiksi dan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia karena metode yang digunakan masih berpusat pada guru juga media yang digunakan masih terbatas media cetak dan gambar, kurangnya pengembangan materi dan sumber belajar sehingga siswa cenderung pasif dan kurang termotivasi dalam pembelajaran. Penelitian memiliki tujuan untuk mengembangkan modified scrabble game berbasis Adobe Flash, serta untuk menguji kelayakan dan keefektifannya dalam upaya meningkatkan keterampilan siswa menulis teks nonfiksi muatan pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 01 Banyuputih Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Banyuputih Jepara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah modified scrabble game berbasis Adobe Flash dan keterampilan menulis teks nonfiksi muatan pelajaran bahasa Indonesia sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: tes, angket, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji-t, dan n-gain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media layak digunakan berdasarkan penilaian dari ahli media sebesar 100%, ahli materi sebesar 89%, dan ahli bahasa sebesar 88% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa ranah keterampilan sebelum dan sesudah menggunakan media dengan perbandingan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,551 > 1,706. Hasil pengujian n-gain mendapatkan hasil perhitungan sebesar 0,754 dengan selisih rata-rata sebesar 11,78 dengan kriteria tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah modified scrabble game berbasis Adobe Flash yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks nonfiksi pada muatan pelajaran bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar. Saran penelitian ini yaitu modified scrabble game berbasis Adobe Flash yang telah dikembangkan dapat dimanfaatkan guru sebagai media untuk mendukung pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah keterampilan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media berbasis Flash; menulis teks nonfiksi; scrabble
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:51
Last Modified: 02 Nov 2022 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52521

Actions (login required)

View Item View Item