PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN SIDOMULYO KEBUME


Wirid Dhona, 1401417243 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN SIDOMULYO KEBUME. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417243 - Wirid Dhona v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Data pra-penelitian yang dilakukan di SDN Sidomulyo Kebumen menunjukkan terdapat permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran muatan bahasa Indonesia yakni terbatasnya media pembelajaran dan kurang menguasainya siswa pada materi memahami isi puisi. Selain itu, mayoritas anak-anak usia sekolah dasar tidak mendapatkan edukasi terkait pemanfaatan teknologi secara bijak. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup bagaimana desain pengembangan media e-comic berbasis literasi digital, kelayakan pengembangan media e-comic berbasis literasi digital, dan keefektifan pengembangan media e-comic berbasis literasi digital. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media e-comic berbasis literasi digital, menguji kelayakan media e-comic berbasis literasi digital, dan menguji keefektifan media e-comic berbasis literasi digital. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang diterapkan yakni model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Subjek penelitian ini dibagi menjadi subjek uji coba kecil yakni siswa kelas IV SDN Panjatan berjumlah 19 siswa dan subjek uji pemakaian skala besar berjumlah 26 siswa kelas IV SDN Sidomulyo. Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Mei 2021. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran e-comic berbasis literasi digital sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa kelas IV muatan bahasa Indonesia sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (pre-test dan post-test) dan non-tes (wawancara, observasi). Analisis data menggunakan teknik analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan media e-comic berbasis literasi digital berkategori sangat layak dengan persentase penilaian kelayakan isi sebesar 93% dan penilaian kelayakan penyajian sebesar 100%. Analisis uji perbedaan rata-rata (t-test) menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050 yang berarti terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkannya media e-comic berbasis literasi digital. Hasil uji peningkatan rata-rata (N-Gain) diperoleh N-gain kelas sebesar 0,57 dengan kategori sedang. Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa media e-comic berbasis literasi digital layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi memahami isi puisi. Saran untuk penelitian selanjutnya agar dapat mengupayakan e-comic berbasis literasi digital sebagai media pembelajaran pada muatan dan materi pembelajaran lainnya, serta penerapan media pembelajaran e-comic berbasis literasi digital perlu dipadukan dengan metode pembelajaran, dukungan dari lingkungan pembelajar, dan kemauan dari pembelajar itu sendiri sehingga pembelajaran dapat berlangsung efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, E-Comic, Literasi Digital.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:47
Last Modified: 02 Nov 2022 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52520

Actions (login required)

View Item View Item