ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS II SD/MI TEMA PENGALAMANKU (EDISI REVISI 2017) DENGAN KURIKULUM 2013


Hidayatul Khusna, 1401417241 (2021) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS II SD/MI TEMA PENGALAMANKU (EDISI REVISI 2017) DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417241 - Hidayatul Khusna v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru kelas II SDN Bandung 2 Kota Tegal, diperoleh informasi bahwa analisis Buku Guru dan Buku Siswa belum pernah dilakukan. Bu Ary mengungkapkan bahwa apabila Buku Guru dan Buku Siswa dianalisis secara mendalam, pasti terdapat hal-hal yang kurang sempurna dalam penyusunannya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Bagaimana kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013?”. Tujuan umum penelitian ini yaitu mendeskripsi dan menganalisis kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa kelas II SD/MI tema Pengalamanku (edisi revisi 2017) dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat KI dan KD yang tidak sesuai dengan Kurikulum 2013. KD SBdP 3.1 dan 4.1 pada pemetaan KD subtema 1 tidak perlu dicantumkan. Tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian dalam Buku Guru dan Buku Siswa secara umum sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu beberapa perbaikan, karena masih ditemukan kekurangan, di antaranya terdapat 17 tujuan tidak sesuai KD, kegiatan pembelajaran belum memuat kegiatan pendahuluan, serta penilaian yang kurang sesuai dengan tujuan. Kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu perbaikan pada aspek kesesuaian materi dan kecakupan materi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Buku Guru dan Buku Siswa kelas II SD/MI secara umum sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu perbaikan pada aspek KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, serta materi yang meliputi kesesuaian materi dan kecakupan materi. Saran yang penulis berikan yaitu guru perlu menganalisis terlebih dahulu bahan ajar maupun sumber belajar yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Guru; Buku Siswa; dan Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:38
Last Modified: 02 Nov 2022 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52519

Actions (login required)

View Item View Item