PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS 2 SDN PLALANGAN 01 GUNUNGPATI


Ayu Setiyaningrum, 1401417240 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS 2 SDN PLALANGAN 01 GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417240 - Ayu Setiyaningrum v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai seorang pendidik, sudah menjadi kewajiban kita untuk membim�bing siswa dan mengenalkan mereka dunia ini. Salah satu cara menyampaikan in�formasi adalah melalui buku cerita. Berdasarkan hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara peneliti dengan guru kelas II SDN Plalangan 01, diketahui per�masalahan pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu siswa mengalami kesulitan dalam menulis dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital. Siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan guru karena media yang digunakan ku�rang menarik dan materi yang jauh dari kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media big book berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa ke�las 2 SDN Plalangan 01 Gunungpati. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan pendekatan penelitian yaitu kuantitatif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan teori Borg dan Gall dengan tahap potensi dan masalah, pengum�pulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian produk. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian R&D meliputi analisis data awal dengan Uji normalitas (Lilliefors), serta analisis data akhir dengan Uji paired sample t-test dan Uji N-gain. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) media big book berbasis kearifan lokal sangat layak digunakan dalam penelitian dengan penilaian kelayakan media men�dapat presentase sebesar 84% dan kelayakan isi materi sebesar 95%; (2) pengujian hipotesis statistik dengan rumus paired sample t-test menunjukkan thitung (2,7822) > ttabel (2,447) maka Ha diterima, artinya terdapat peningkatan hasil keterampilan menulis siswa dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital menggunakan me-dia big book berbasis kearifan lokal; (3) Hasil uji coba skala kecil memperoleh rata-rata nilai pada tes awal 59,7 menjadi 81,9 di tes akhir. Jika dilihat dari uji pe�ningkatan rata-rata (N-gain) didapat nilai 0,49 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu (1) pengembangan media big book berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dinyatakan layak berdasarkan penilaian kelayakan media dan materi, (2) melalui uji keefektifan, media big book efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II, (3) uji peningkatan rata-rata mendapat hasil 0,49 dan berkategori sedang. ix Saran penelitian selanjutnya yaitu pengembangan media big book dapat digunakan pada mata pelajaran lainnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: big book, kearifan lokal, penggunaan huruf kapital
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:34
Last Modified: 02 Nov 2022 03:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52518

Actions (login required)

View Item View Item