HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG KABUPATEN PATI


Anggi Apriliana, 1401417235 (2021) HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417235 - ANGGI APRILIANA v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar muatan pembelajaran IPS yang rendah menjadi salah satu permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati diperoleh bahwa hasil belajar muatan pembelajaran IPS yang rendah disebabkan oleh bimbingan orang tua dan kedisiplinan belajar siswa yang rendah yang ditandai dengan rendahnya bimbingan orang tua yang diberikan orang tua dan tingkat kedisiplinan belajar siswa yang rendah serta hasil belajar mutan pembelajaran IPS yang belum tuntas KKM. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) menguji bimbingan orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati (2) menguji kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati (3) menguji bimbingan orang tua dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini ialah penelitian korelasi dengan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati yang berjumlah 102 siswa. Pengambilan sampel yang dilaksanakan menggunakan teknik sampel jenuh dengan semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan angket. Uji persyaratan analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar IPS dengan nilai rhitung = 0,610 termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 31,7%; (2) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS dengan nilai rhitung = 0,795 termasuk kategori kuat dengan kontribusi sebesar 35,1%; (3) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dan kediisplinan belajar dengan hasil belajar IPS dengan nilai rhitung = 0,780 termasuk kategori kuat serta berkontribusi 63,9%. Simpulan dari penelitian ini ialah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati. Saran untuk orang tua agar memberikan bimbingan belajar yang baik agar dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang optimal khususnya di muatan pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS; kedisiplinan belajar; bimbingan orang tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:30
Last Modified: 02 Nov 2022 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52517

Actions (login required)

View Item View Item