HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG


Azizah Lulu Latifah, 1401417234 (2021) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417234 - Azizah Lulu Latifah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pada kelas IV SDN Gugus Larasati Kota Semarang menunjukkan hasil belajar muatan pembelajaran IPS pada ranah kognitif masih rendah. Berdasarkan wawancara dengan guru, didapatkan data bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar muatan pembelajaran IPS yaitu kecerdasan emosional dan kemandirian belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji hubungan: (1) kecerdasan emosional dengan hasil belajar; (2) kemandirian belajar dengan hasil belajar; (3) kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Larasati Kota Semarang . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan jenis data kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 201 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling didapatkan 137 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi. Hasil analisis data didapatkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS, kontribusi variabel kecerdasan emosional tersebut termasuk dalam kategori cukup; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS, kontribusi variabel kemandirian belajar tersebut termasuk dalam kategori baik; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS, kontribusi variabel kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dengan hasil belajar tersebut termasuk dalam kategori kuat. Simpulan penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS. Saran diharapkan guru dapat memberikan informasi kepada siswa bahwa kecerdasan emosional dan kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; kecerdasan emosional; kemandirian belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:26
Last Modified: 02 Nov 2022 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52516

Actions (login required)

View Item View Item