PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 2 BREBES TAHUN PELAJARAN 2021/2022


Helmy Rizki Novianto, 3101417012 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 2 BREBES TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101417012 - Helmy Rizki(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran sejarah karena pada saat wawancara dengan siswa menyatakan pemanfaatan media pembelajaran khususnya dalam teknologi masih kurang bervariasi. Pada saat wawancara dan observasi ke SMA Negeri 2 Brebes Ibu Maya Ulfa sebagai guru sejarah menjelaskan bahwa pada pembelajaran sejarah dengan media pembelajaran power point masih menjadi media favorit yang sering digunakan dikarenakan media pembelajaran power point menurut guru sejarah sangat simple dan mudah digunakan untuk berlangsungnya pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kondisi awal sebelum dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android (2) mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2013: 297) mengungkapkan bahwa metode penelitian Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) penggunaan media pembelajaran yang kurang beragam atau lebih sering berupa power point dan video yang masih dominan. Selain itu media lain yang digunakan hanya buku paket dari pemerintah. (2) pengembangan media pembelajaran berbasis android di buat menggunakan Adobe flash CS6, yang berdasarkan konsep pembuatan aplikasi android. (3) berdasarkan tingkat kelayakan validasi dari ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran didapatkan presentase pada tahap pertama 80,53%, dan tahap dua 91% . validasi yang dilakukan siswa mendapatkan presentase 86,35%. Dengan demikian media pembelajaran ini layak digunakan. Simpulan kondisi awal media pembelajaran yang digunakan sudah bervariasi namun media yang paling sering digunakan dalam setiap materi pembelajaran berupa power point dan video yang diambil dari internet. Pengembangan media aplikasi pembelajaran berbasis android dimulai dengan pembuatan desain background, animasi hingga petunjuk penggunaan aplikasi pembelajaran secara sederhana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Android, Pembelajaran Sejarah
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:28
Last Modified: 02 Nov 2022 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52513

Actions (login required)

View Item View Item