HUBUNGAN MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI KUNTHI KOTA SEMARANG


Bhekti Fitrianingsih, 1401417232 (2021) HUBUNGAN MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI KUNTHI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417232 - Bhekti Fitrianingsih v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu kemampuan matematika yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan pemahaman matematis. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa masih rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa dapat ditunjukkan dari kesulitan siswa dalam menerima, memahami dan menerapkan suatu konsep materi matematika. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya minat dan dorongan siswa, serta kurangnya kepercayaan diri siswa dalam mempelajari muatan matematika. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) adakah hubungan yang positif dan signifikan minat belajar dengan kemampuan pemahaman matematis; (2) adakah hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar dengan kemampuan pemahaman matematis; (3) adakah pengaruh yang positif dan signifikan kepercayaan diri dengan kemampuan pemahaman matematis; (4) adakah pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar, motivasi belajar, dan kepercayaan diri dengan kemampuan pemahaman matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dan teknik Proportional Random Sampling berjumlah 127 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah angket, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian ditransformasikan terlebih dahulu menggunakan bantuan MSI. Peneliti melakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Setelah data memenuhi uji persyaratan, data dianalisis dengan statistik deskriptif, korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi linier sederhana, regresi ganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan minat belajar dengan kemampuan pemahaman matematis; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dengan kemampuan pemahaman matematis; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan kepercayaan diri dengan kemampuan pemahaman matematis; (4) terdapat hubungan positif dan signifikan minat belajar, motivasi belajar, dan kepercayaan diri dengan kemampuan pemahaman matematis. Simpulan penelitian ini terdapat hubungan positif dan signifikan minat belajar, motivasi belajar, dan kepercayaan diri dengan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang. Saran peneliti, guru hendaknya meningkatkan minat belajar siswa supaya siswa termotivasi dalam belajar serta memiliki kepercayaan diri terhadap kemampuan yang dimiliki sehingga kemampuan pemahaman matematisnya akan meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, motivasi belajar, kepercayaan diri, kemampuan pemahaman matematis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:13
Last Modified: 02 Nov 2022 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52510

Actions (login required)

View Item View Item