PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SDN PAITAN PURWOREJO
Lilinda Koyimah, 1401417229 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SDN PAITAN PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Ilmu pengetahuan sosial merupakan suatu bidang studi di tingkat dasar dan menengah yang mempelajari fakta, konsep dan generalisasi berkaitan dengan kehidupan sosial. Berdasarkan kegiatan pra penelitian di kelas V SDN Paitan Purworejo, ditemukan adanya permasalahan pada rendahnya hasil belajar muatan pelajaran IPS siswa dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran sangat penting karena dapat mempermudah penyampaian materi serta merangsang motivasi dan keaktifan belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media big book berbasis kearifan lokal. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media big book berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan menggunakan model Sugiyono yang mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu kelas V SDN Paitan Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan persentase kelayakan oleh ahli media sebesar 98,6% dengan kriteria sangat layak, ahli materi sebesar 97,9% dengan kriteria sangat layak dan ahli bahasa sebesar 81% dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar siswa menunjukkan adanya perbedaan signifikan dibuktikan dengan nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,050 pada uji t. Adapun N-Gain sebesar 0,641 menunjukkan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian pengembangan ini yaitu penggunaan media big book berbasis kearifan lokal sangat layak dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPS kelas V materi Pengaruh Interaksi terhadap Pembangunan Sosial Budaya dan Ekonomi Masyarakat Indonesia. Saran peneliti untuk penelitian selanjutnya yaitu menambah inovasi pengembangan media big book berbasis kearifan lokal baik dari segi tampilan, penyajian maupun penerapan pada muatan pelajaran lain untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah media big book berbasis kearifan lokal layak dan efektif digunakan. Saran untuk penelitian selanjutnya pengembangan media big book berbasis kearifan lokal dapat diterapkan pada muatan pelajaran yang lain dengan menyesuaikan gambar dan narasi cerita pada media big book dengan materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Big book; IPS; Kearifan Lokal |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 03:09 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 03:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52508 |
Actions (login required)
View Item |