EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBASIS PERMAINAN MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PEJAGOAN


Windy Augustiani, 7101417011 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBASIS PERMAINAN MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PEJAGOAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBASIS PERMAINAN MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PEJAGOAN] PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBASIS PERMAINAN MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PEJAGOAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini mewajibkan seorang pendidik untuk terus beradaptasi dengan tren pembelajaran yang kreatif dan modern, dengan tujuan agar proses KBM dapat selalu relevan dengan karakteristik peserta didik dan bisa efektif. Metode pembelajaran berbasis permainan yang bertujuan untuk membantu memudahkan proses pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi menarik, bahkan bisa meningkatkan efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan metode pembelajaran student team achievement division (STAD) berbasis permainan dengan bantuan aplikasi Quizizz terhadap pembelajaran daring materi perdagangan internasional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan quasi experimental design dengan nonequivalent group pretest posttest design. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran berbasis permainan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari hasil belajar, aktivitas belajar, dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Metode analisis data dilakukan dengan menerapkan uji paired sampel t-test untuk menguji hipotesis dan uji N-gain untuk menilai keefektifan metode pembelajaran. Hasil analisis data menggunakan uji paired sampel t-test kelas eksperimen diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan dan ada pengaruh yang bermakna, terhadap perbedaan perlakuan pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran STAD berbasis permainan. Hasil analisis keefektifan menggunakan uji N-gain diperoleh skor 59,63% pada hasil belajar, artinya tingkat keefektifan media pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada variabel aktivitas belajar siswa kelas eksperimen perolehan nilai rata-rata N-gain score mencapai 78,77% termasuk ke dalam kategori efektif. Kesimpulan bahwa metode pembelajaran student team achievement division (STAD) berbasis permainan menggunakan aplikasi Quizizz efektif meningkatkan pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pejagoan. Saran dalam penelitian ini yaitu guru ekonomi dapat mempertimbangkan metode pembelajaran STAD berbasis permainan dalam melaksanakan pembelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran STAD, Hasil Belajar, Aplikasi Quizizz
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:35
Last Modified: 02 Nov 2022 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52506

Actions (login required)

View Item View Item