IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI SE KECAMATAN BREBES


Siti Royanah, 3101417010 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI SE KECAMATAN BREBES. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101417010 - Royanah(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui persiapan guru sejarah dalam implementasi pembelajaran daring di SMA Negeri Se Kecamatan Brebes pada masa pandemi Covid-19, 2) Mengetahui implementasi pembelajaran daring dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri se Kecamatan Brebes, 3) Mengetahui kendala yang dialami guru sejarah dan cara penanggulangannya dalam implementasi pembejaran daring di SMA Negeri se Kecamatan Brebes pada masa pendemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi study deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri se Kecamatan Brebes. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan, observasi, dokumen. Teknik Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji validitas data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan empat tahap meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini 1) persiapan guru dalam menghadapi implementasi pembelajaran daring dengan mengikuti berbagai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran daring, kemudian juga menyiapkan RPP daring khusus sebagai pedoman untuk menghadapi pandemi Covid-19 2) Implementasi pembelajaran daring banyak dimaksimalkan pada penggunaan aplikasi whatsapp, karena aplikasi ini mudah diakses dan hemat kuota, kemudian pemanfaatan aplikasi lain yang sedang trend di kalangan siswa yang digunakan sebagai selingan atau di tautkan melalui whatsapp seperti youtube, TikTok, dan web sekolah 3) kendala yang temui dalam penerapan pembelajaran daring di SMA Negeri se Kecamatan Brebes yakni mengenai kendala teknis seperti jaringan internet yang tidak stabil, borosnya kuota, dan kesulitan dalam mengakses website sekolah yang seringkali mengalami down saat banyak digunakan dalam waktu yang sama, dan motivasi siswa yang menurun. Saran dari peneliti adalah sekolah perlu memberikan fasilitas berupa website khusus dengan kapasitas besar supaya website tidak down ketika digunakan secara bersamaan, memfasilitasi ZOOM premium yang dapat digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran daring, karena guru perlu melakukan video conferences pada setiap materi. Untuk peneliti selanjutnya perlu menambah informan dari berbagai pihak yang mendukung kelancaran pembelajaran daring seperti dinas pendidikan, kepala sekolah, dan orang tua siswa, supaya hasil penelitian lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring Sejarah, Guru Sejarah, Masa Pandemi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:01
Last Modified: 02 Nov 2022 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52505

Actions (login required)

View Item View Item