PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS FLASH MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TANJUNGANOM PURWOREJO


Erliana Rosita, 1401417228 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS FLASH MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TANJUNGANOM PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417228 - Erliana Rosita v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu data dokumentasi hasil belajar siswa pada Penilaian Akhir Semester (PAS) muatan pelajaran IPS semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 masih rendah. Salah satu penyebabnya yaitu sumber belajar dan bahan ajar yang kurang lengkap dan kurang bervariasi. Hal tersebut mengakibatkan siswa merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, karena semua bahan ajar yang digunakan berbasis cetak. Siswa membutuhkan suatu alternatif baru untuk mempermudah memahami materi muatan pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini antara lain (1) Mengembangkan desain e-modul interaktif berbasis flash muatan pembelajaran IPS kelas IV SDN Tanjunganom Purworejo, (2) Mendeskripsikan hasil uji kelayakan ahli e-modul interaktif berbasis flash muatan pembelajaran IPS kelas IV SDN Tanjunganom Purworejo, (3) Menguji keefektifan e-modul interaktif berbasis flash muatan pembelajaran IPS kelas IV SDN Tanjunganom Purworejo. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model dari Borg dan Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri Tanjunganom Purworejo, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Tanjunganom Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif berbasis flash berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar. Dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan oleh ahli media sebesar 100% dan kelayakan oleh ahli materi sebesar 87,5% serta memperoleh tanggapan sangat positif dengan persentase tanggapan guru sebesar 100% dan persentase tanggapan siswa sebesar 100%. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 10,3851 dan ttabel sebesar 2,045 maka thitung > ttabel sehingga Ha diterima. Peningkatan rata-rata (n-gain) sebesar 0,4806 dengan kriteria sedang, sehingga dapat dinyatakan e-modul interaktif berbasis flash efektif digunakan pada muatan pembelajaran IPS. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif berbasis flash berhasil dikembangkan, layak berdasarkan hasil uji kelayakan ahli, dan efektif berdasarkan hasil uji keefektifan. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menerapkan e-modul interaktif berbasis flash pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam bahan ajar, serta lebih kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-modul interaktif; flash; hasil belajar; IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:57
Last Modified: 02 Nov 2022 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52504

Actions (login required)

View Item View Item