HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL


Rizka Auliatul Husna, 1401417227 (2021) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417227 - Rizka Aulia v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran menjadi sebuah masalah apabila hasil belajar siswa memperoleh hasil yang kurang maksimal. Pada penelitian ditemukan permasalahan dalam hasil belajar PPKn siswa yang belum memenuhi KKM, sehingga ditemukan faktor yang mempengaruhi yaitu peran orang tua dan motivasi belajar yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk menguji hubungan Peran Orang Tua dengan Hasil Belajar PPKn pada Siswa Kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Talang; (2) untuk menguji hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn pada Siswa Kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Talang; (3) untuk menguji hubungan antara Peran Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Talang. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Talang sebanyak 122 siswa, sampel menggunakan teknik sampling total. Teknik pengambilan data menggunakan angket untuk variabel peran orang tua dan motivasi belajar, sedangkan dokumentasi untuk variabel hasil belajar PPKn siswa kelas IV. Analisis data yang digunakan yaitu: analisis deskriptif (uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, analisis pengujian hipotesis, analisis korelasi product moment, analisis korelasi ganda, koefisien determinasi, uji f dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif antara peran orang tua dengan hasil belajar PPKn siswa (r hitung 0,727 > r tabel 0,1771, dengan koefisien determinasi yang diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PPKn; Motivasi Belajar; Peran Orang Tua.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:53
Last Modified: 02 Nov 2022 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52502

Actions (login required)

View Item View Item