PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI MELALUI MEDIA FILM “SANGIRAN” TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Eni Kiryani, 3101417008 (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI MELALUI MEDIA FILM “SANGIRAN” TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101417008 - Eni Kiryani(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran sejarah ialah pembelajaran yang membutuhkan beberapa strategi yang cocok untuk mendukung aktivitas pembelajaran sejarah, sesuai observasi yang peneliti lakukan, pembelajaran sejarah belum berjalan maksimal. Hal ini terlihat dari beberapa peserta didik yang tak tertarik menggunakan pembelajaran sejarah yang dinggap membosankan sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini merupakan (1) Untuk menganalisis penerapan metode diskusi melalui media film “Sangiran” mengenai manusi purba pada pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 dan 3 SMA Kesatrian 2 Semarang (2) Untuk menganalisis prestasi belajar siswa pada pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 dan 3 SMA Kesatrian 2 Semarang (3) Untuk menganalisis pengaruh penerapan metode diskusi melalui media film terhadap prestasi siswa mengenai manusi purba mengenai manusi purba dalam belajar sejarah di kelas X IPS 1 dan 3 SMA Kesatrian 2 Semarang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X di SMA Kesatrian 2 Semarang tahun pelajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini ialah kelas X IPS 1 dan X IPS 3. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kelas untuk mengolah data yang telah didapatkan dalam penelitian. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari perhitungan uji regresi sederhana dengan rumus Y=a+bX, jadi persamaan regresinya adalah Y = 5,508 + 0,994 yang diperoleh nilai angka constant sebesar 5,508. angka tadi menunjukkan bahwa Jika tidak ada penerapan metode diskusi melalui media pemutaran film “Sangiran”(XI) maka prestasi (Y) sebesar 5,508. Sedangkan nomor regresinya sebesar 0,994. Setiap ada penambahan 1% taraf penerapan (XI) maka, akan terjadi peningkatan prestasi (Y) sebesar 0,994. sebab nilai koefisien regresi bernilai plus (+), maka dapat dikatakan bahwa penerapan metode diskusi melalui media pemutaran film “Sangiran”(XI) berpengaruh positif terhadap prestasi (Y). Saran dalam penelitian ini yakni: 1) Bagi guru sejarah, hendaknya lebih mengoptimalkan pemanfaatan media film dokumenter serta metode pembelajaran diskusi menjadi belajar yang menyenangkan serta bisa dinikmati tanpa mengesampingkan pokok materi yang dipelajari sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Bagi siswa, hendaknya siswa dapat secara aktif dan bersemangat berpartisipasi dalam proses metode diskusi yang dilaksanakan sehingga pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran. 3) Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya peneliti lainnya perlu mencari cara untuk menghadapi kendala-kendala yang ada dalam penelitian sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Media Film “Sangiran”, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:49
Last Modified: 02 Nov 2022 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52501

Actions (login required)

View Item View Item