HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS MELATI KABUPATEN KEBUMEN


Nisaun Konitah, 1401417226 (2021) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS MELATI KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417226 - NISAUN KONITAH v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Perhatian orang tua dan disiplin belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Seorang siswa apabila mendapat perhatian orang tua yang baik dan disiplin belajar yang baik, maka akan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Semakin baik perhatian orang tua dan disiplin belajar siwa, maka akan semakin baik pula hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menguji hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Melati Kabupaten Kebumen, (2) menguji hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Melati Kabupaten Kebumen, dan (3) menguji hubungan antara perhatian orang tua dan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Melati Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Melati Kabupaten Kebumen sejumlah 125 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh yang berarti populasi merupakan sampel penelitian. Variabel bebas dalam penelitian ini meliputi perhatian orang tua dan disiplin belajar, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis product moment. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,563 dan termasuk dalam kategori cukup serta berkontribusi sebesar 31,7%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,688 dan termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 47,3%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,747 dan termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 55,8%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Gugus Melati Kabupaten Kebumen. Saran penelitian ini, diharapkan orang tua untuk lebih memberikan perhatian kepada anak dan siswa dapat meningkatkan disiplin belajarnya agar mendapatkan hasil belajar secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, hasil belajar IPS, perhatian orang tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:48
Last Modified: 02 Nov 2022 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52500

Actions (login required)

View Item View Item