PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI ADISANA 04 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES


Nida Alvi Iswara, 1401417225 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI ADISANA 04 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417225 - NIDA ALVI ISWARA v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SD Negeri Adisana 04 melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS yang dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh keterbatasan media pembelajaran yang kurang inovatif dan minimnya pemanfaatan fasilitas elektronik yang disediakan oleh sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, desain, kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif berbasis karakter pada muatan pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Adisana 04. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran, mengkaji cara mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif berbasis karakter. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model borg and gall yang diadaptasi oleh sugiyono dengan 8 langkah yaitu : (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi pelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Adisana 04 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia interaktif berbasis karakter sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 98,75%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 93,75%. Efektifitas multimedia interaktif berbasis karakter ditunjukkan oleh hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,484 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis karakter layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan multimedia interaktif berbasis karakter pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam multimedia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif; IPS; Karakter
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:30
Last Modified: 02 Nov 2022 02:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52499

Actions (login required)

View Item View Item